Miskonsepsi Buku Ajar Fisika SMA Kelas X Pada Pokok Bahasan Dinamika Gerak

Fachmi Nurdiansyah, Andika Kusuma Wijaya, Eka Murdani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bentuk-bentuk miskonsepsi pada pokok bahasan dinamika gerak dalam buku ajar fisika SMA kelas X. Adapun buku ajar yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: (1) Fisika untuk SMA/MA Kelas X Semester I karangan RA dan SI yang diterbitkan tahun 2012 oleh penerbit IP, (2) Fisika untuk SMA/MA Kelas X Semester I karangan TPM yang diterbitkan tahun 2013 oleh penerbit VP, dan (3) Fisika Peminatan untuk SMA/MA Kelas X karangan SN dan SZ yang diterbitkan tahun 2013 oleh penerbit YW. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah data berupa aspek penjelasan konsep, penulisan rumus, penulisan simbol, penulisan satuan, dan penyajian gambar pada pokok bahasan dinamika gerak dalam buku ajar fisika SMA. Penelitian dilakukan dengan cara menganalisis data dalam buku ajar fisika SMA yang dibandingkan dengan buku teks fisika universitas. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa miskonsepsi pada pokok bahasan dinamika gerak terdapat dalam buku ajar fisika SMA. Buku ajar IP mengalami miskonsepsi pada aspek penjelasan konsep dengan persentase 10%, penulisan rumus dengan persentase 57,14%, penulisan simbol dengan persentase 46,15%, dan penyajian gambar dengan persentase 20%. Buku ajar VP mengalami miskonsepsi pada aspek penjelasan konsep dengan persentase 10%, penulisan rumus dengan persentase 85,71%, penulisan simbol dengan persentase 79,62%, dan penyajian gambar dengan persentase 80%. Buku ajar YW mengalami miskonsepsi pada aspek penjelasan konsep dengan persentase 10%, penulisan rumus dengan persentase 85,71%, penulisan simbol dengan persentase 69,23, dan penyajian gambar dengan persentase 20%. Pada aspek penulisan satuan, tidak terdapat miskonsepsi dalam buku ajar IP, VP, dan YW.

Keywords


Miskonsepsi; Buku Ajar Fisika SMA; Dinamika Gerak

References


Mukti, A.D.Y., Trustho Raharjo, & Wiyono, E. (2012). Identifikasi Miskonsepsi dalam Buku Ajar Fisika SMA Kelas X Semester Gasal. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 1(1).

Suparno, P. (2005). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Yogyakarta: PT. Gramedia Widya Sarana.

Krippendorff, K. (1991). Analisis Isi: Pengantar Teori dan Metodenya. Jakarta: Rajawali Press.

Tipler, P. A. (1998). Fisika untuk Sains dan Teknik. Jakarta: Erlangga.

Giancoli, C.D. (2001). Fisika Edisi kelima (Terjemahan Yuhilza Hanum). Jakarta: Erlangga.

Serway, R.A., & Jewett, J.W. (2014). Fisika Untuk Sains dan Teknik Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Teknika.

Halliday, D., Resnick, R., & Walker, J. (2001). Dasar-Dasar Fisika Jilid I. Surabaya: Binarupa Aksara.

ITB. (1998). Fisika Dasar 1, Mekanika dan Termodinamika Edisi 3. Bandung: ITB.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v3i1.440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Fachmi Nurdiansyah, Andika Kusuma Wijaya, Eka Murdani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang

Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF
Email: [email protected]

 


JIPF Indexed by:

 

Copyright (c) JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)

ISSN 2477-8451 (Online) and ISSN 2477-5959 (Print)