Identifikasi Kuantitas Siswa yang Miskonsepsi Menggunakan Three Tier-Test Pada Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Putri Retno Artiawati, Riski Muliyani, Yudi Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kuantitas siswa yang miskonsepsi pada materi Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB).  Terdapat 2 konsep distribusi atau sebaran miskonsepsi pada materi GLBB. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah three tier-test. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi tertinggi adalah miskonsepsi benda yang memiliki massa lebih besar, apabila dijatuhkan dari ketinggian yang sama, maka benda tersebut akan tiba terlebih dahulu ke dasar. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan untuk mencari solusi dalam menurunkan kuantitas siswa yang miskonsepsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kuantitas siswa yang miskonsepsi pada materi GLBB.

Keywords


Kuantitas Siswa yang Miskonsepsi; Miskonsepsi; Three Tier-Test; Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

References


Pertiwi, C.A., Setyarsih, W. (2015). Konsepsi Siswa Tentang Pengaruh Gaya pada Gerak Benda Menggunakan Instrumen Force Concept Inventory (FCI) Termodifikasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), Vol 4 No 2.

Rosdianto, H., Murdani, E., & Hendra. (2017). The Implementation of POE (Predict Observe Explain) Model to Improve Student's Concept Understanding on Newton's Law. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol 6 No 1: 55-57.

Yuliana, R., Karyanto, P., & Marjono. (2013). Pengaruh Pemanfaatan Concept Map dalam Model Kontruktivisme Tipe Novick terhadap Miskonsepsi pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia. BIO-PEDAGOGI, Vol 2 No 2.

Tayubi, Y.R. (2005). Identifikasi Miskonsepsi pada Konsep-Konsep Fisika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Mimbar Pendidikan, No 3.

Hamdani. (2013). Deskripsi Miskonsepsi Siswa Tentang Konsep-Konsep dalam Rangkaian Listrik. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, Vol 4 No 1.

Suparno, P. (2005). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT Grasindo.

Kurniawan, Y., Suhandi, A. (2015). The Three-Tier Test for Identification The Quantity of Student’s Misconception on Newton’s First Law. GlobalIlluminators Publishing, Vol 2.

Muliyani, R,. Kaniawati, I. (2015). Identification of Quantity Student’s Misconception on Hydrostatic Pressure With Three Tier-Test. GlobalIlluminators Publishing, Vol 2.

Kurniawan, Y., Suhandi, A., & Hasanah, L. (2016). The Influence of Implementation of Interactive Lecture Demonstrations (ILD) Conceptual Change Oriented Toward The Decreasing of The Quantity Students That Misconception on The Newton’s First Law. AIP Conference Proceedings.

Pujianto, A., Nurjannah, & Darmadi, I.W. (2014). Analisis Konsepsi Siswa pada Konsep Kinematika Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), Vol 1 No 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v3i1.331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang

Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF
Email: [email protected]

 


JIPF Indexed by:

 

Copyright (c) JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)

ISSN 2477-8451 (Online) and ISSN 2477-5959 (Print)