Ethnoscience in Physics Learning: A Systematic Literature Review
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (English)References
Agustin, N. A., Kanom, K., & Darmawan, R. N. (2020). Analisis Potensi Wisata Kuliner Ikan Bakar Sebagai Daya Tarik Wisata Di Pantai Blimbingsari Banyuwangi. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1211-1222.
Asra, A., & Akmal, A. U. (2021). Analisis perangkat pembelajaran berbasis etnosains di SMP Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Pendidikan Rokania, 6(1), 9-22.
Setyaningrum, N. D. B. (2018). Budaya lokal di era global. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni, 20(2), 102-112.
Suwandani, L., Sudjarwo, S., & Jalmo, T. (2022). Pengaruh Pendekatan Etnosains Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Di Tinjau Dari Filsafat Ilmu. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 129-138.
Silla, E. M., Dopong, M., Teuf, P. J., & Lipikuni, H. F. (2023). Kajian Etnosains pada Makanan Khas Usaku (Tepung Jagung) sebagai Media Belajar Fisika. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 4(1), 30-39.
Asra, A., Festiyed, F., Mufit, F., & Asrizal, A. (2021). Pembelajaran Fisika mengintegrasikan etnosains permainan tradisional. Konstan-Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 6(2), 66-73.
Fahrudin, A., & Maryam, E. (2022). Review Analisis Pendidikan Fisika Berbasis Etnosains, Budaya, dan Kearifan Lokal di Indonesia. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 12-24.
Dani, R., Jufrida, J., Basuki, F. R., & Handayani, F. (2022). Pengembangan buku pengayaan fisika berkonteks etnosains pada permainan patok lele dan gobak sodor. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 101-109.
Septiaahmad, L., Sakti, I., & Setiawan, I. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) fisika berbasis etnosains menggunakan model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 121-130.
Dani, R., Jufrida, J., & Bunda, A. P. (2023). Analisis Kebutuhan Guru Sebagai Acuan Dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom Terintegrasi Etnosains. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 17-23.
Hasan, Y., Firdaus, F., & Andayani, Y. (2024). Relevansi Etnosains pada Alat Transportasi Cidomo dalam Materi Fisika. Kappa Journal, 8(1), 130-136.
Umamah, C., & Andi, H. J. (2023). Sosialisasi Pemberdayaan Kearifan Lokal Dalam Proses Belajar Mengajar Berbasis Etnosains Bagi Guru Fisika di SMA Mubtadiin Pamekasan. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 11-16.
Dinissjah, M. J., Nirwana, N., & Risdianto, E. (2019). Penggunaan model pembelajaran direct instruction berbasis etnosains dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2 Agustus), 99-104.
Siyati, R., & Kamariyah, E. I. (2022). Analisis budaya kerapan sapi di madura sebagai sumber belajar berbasis etnosains. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 89-95.
Jasmine, K. (2016). Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
Palittin, I. D., Supriyadi, S., & Kaikatui, H. A. (2019). Kajian Fisika Lingkungan Berbasis Etnosains pada Budaya Sar Suku Kanum di Merauke. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 7(3).
Haspen, C. D. T., Syafriani, S., & Ramli, R. (2021). Validitas e-modul fisika SMA berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi etnosains untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 5(1), 95-101.
Munandar, R., Ristanti, C. I., Nurhidayati, N., Busyairi, A., & Rokhmat, J. (2022). Analisis potensi pembelajaran fisika berbasis etnosains untuk meningkatkan kecintaan budaya lokal masyarakat bima: pendidikan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 4(1).
Adi, M. F. N., Hakim, L., & Sulistyowati, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Etnosains Sejarah Palembang di SMA. Journal on Teacher Education, 4(4), 256-264.
Balqis, A., & Hidayati, S. N. (2018). Validitas Media Booklet Berbasis Etnosains Sub Materi Sifat Fisika Dan Kimia Serta Perubahannya Untuk Kelas VII SMP. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 6(02).
Rumiati, R., Handayani, R. D., & Mahardika, I. K. (2021). Analisis konsep fisika energi mekanik pada permainan tradisional egrang sebagai bahan pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 131-146.
Isnaniah, N., & Masniah, M. (2022). Pembelajaran Fisika Berbasis Etmo-STEM melalui Permainan Tradisional Kalimantan Selatan. Al Kawnu: Science and Local Wisdom Journal, 2(1).
Putri, A. T., & Noe, C. R. K. S. (2022). Kajian Etnofisika Pada Tari Lilin Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Pascal (Journal of Physics and Science Learning), 6(1), 28-32.
Wulansari, N. I., & Admoko, S. (2021). Eksplorasi konsep fisika pada tari dhadak merak reog ponorogo. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 163-172.
Wulandari, N. (2016). Analisis kemampuan literasi sains pada aspek pengetahuan dan kompetensi sains siswa SMP pada materi kalor. Edusains, 8(1), 66-73.
Ningtyas, T. O., Jumini, S., & Firdaus, F. (2022). Pengembangan Media Etno-POE (Etnosains-Predict, Observe, Explain) Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Getaran, Gelombang, dan Bunyi. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 16(2), 257-263.
Widayanti, W., Amaliah, K., Kurniawan, A., & Sholikahah, A. U. (2022, August). Penggunaan e-modul berbasis etnosains pada sekolah menengah atas mata pelajaran fisika: Studi literature. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPPM) Universitas Muhammadiyah Metro (Vol. 4, No. 1, pp. 117-122).
Maryam, E., Fahrudin, A., & Romadon, R. (2022). Desain Kurikulum Pengajaran Fisika Terintegrasi Etnosain untuk Menumbuhkan Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(4), 1125-1130.
Nadhifatuzzahro, D., & Suliyanah, S. (2019). Kelayakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Etnosains pada Tema Jamu untuk Melatihkan Literasi Sains Siswa. Pensa e-jurnal: pendidikan sains, 7(2).
Ningtyas, S. A., & Setiawan, B. (2023). Penerapan Discovery Learning Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(3), 628-637.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v10i1.6079
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Muliyani Kasim, Jumadi Jumadi, Mundilarto Mundilarto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF
Email: [email protected]
JIPF Indexed by:
Copyright (c) JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)
ISSN 2477-8451 (Online) and ISSN 2477-5959 (Print)