Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Pada Materi Elastisitas Bahan

Nurussaniah Nurussaniah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas siswa setelah diajarkan menggunakan metode eksperimen pada materi elastisitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah  The One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI  IPA MAN Model Singkawang 2014/2015 yang terdiri dari tiga kelas. Sampel yang dipilih terdiri dari satu kelas (kelas eksperimen) yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpul data yang digunakan yaitu pengukuran dan observasi langsung. Data hasil belajar siswa diperoleh dari tes hasil belajar berupa tes esai, sedangkan data aktivitas siswa diperoleh melalui lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui ketercapaian hasil belajar siswa terhadap KKM menggunakan statistik inferensial. Sedangkan untuk mengetahui aktivitas siswa menggunakan rumus persentase. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa thitung>ttabel yaitu 4,256 > 1,703 hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode eksperimen mencapai KKM pada materi elastisitas bahan. Hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode eksperimen mempreroleh nilai rata-rata sebesar78 dan aktivitas siswa tergolong baik dengan persentase nilai rata-rata 70,89%.

References


BSNP (2006). Silabus Pembelajaran Fisika. Jakarta: Diknas

Supirman. (2013). Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Pontianak: JurusanPendidikan Dasar FKIP UNTAN Pontianak

Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.Hamalik, O. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Puspita, A. dan Suryanti. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kreatif Di Sekolah Dasar. JPGSD, Volume 03 Nomor 02 Tahun 2015.

Handhika, J. (2010). Pembelajaran Fisika Melalui Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau Dari Aktivitas Dan Perhatian Mahasiswa. JP2F, Volume 1 Nomor 1 April 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v1i2.60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Nurussaniah Nurussaniah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang

Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF
Email: [email protected]

 


JIPF Indexed by:

 

Copyright (c) JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)

ISSN 2477-8451 (Online) and ISSN 2477-5959 (Print)