Development Of An Arduino Iot System Solar Cell Electronic Practicum Guide Based On An Automatic Feed Thrower Prototype To Develop Students' Science Process Skills
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (English)References
Nurdin, S., Kusumawardhani, A., & Yudrika, Y. A. (2022). Desain dan Analisis Mesin Pakan Ikan Otomatis Basis Arduino Uno Periode Dua Kali Sehari. Nusantara of Engineering (NOE), 5(1), 34-40.
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka di sekolah dasar Kabupaten Garut. Jurnal basicedu, 6(4), 5877-5889.
Firdaus, H., Laensadi, A. M., Matvayodha, G., Siagian, F. N., & Hasanah, I. A. (2022). Analisis evaluasi program kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 686-692.
Sartika, D. (2019). Pentingnya pendidikan berbasis STEM dalam kurikulum 2013. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 3(3).
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). Analisis bahan ajar. Nusantara, 2(2), 311-326.
Novita, E. (2020). Pengembangan Buku Pedoman Praktikum Berbasis Keterampilan Proses Dasar Sains Kelas IV Sekolah Dasar. Journal Evaluation in Education (JEE), 1(1), 34-41.
Gunawan, G., Harjono, A., Sahidu, H., & Sutrio, S. (2014). Penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran fisika dan implikasinya pada penguasaan konsep mahasiswa. Jurnal Pijar Mipa, 9(1).
Pangestu, R. D., Mayub, A., & Rohadi, N. (2018). Pengembangan desain media pembelajaran fisika SMA berbasis video pada materi gelombang bunyi. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1 April), 48-55.
Faqih, A., & Pratama, F. A. (2019). Pengembangan Adaptive Learning Berbasis Multimedia 3D Materi Sistem Bilangan Real. In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 2).
Bahtiar, E. T. (2015). Penulisan Bahan Ajar. Conference: Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar untuk Mendukung Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi: Fakultas Pertanian-Universitas Sumatera Utara.
Iqbal, M., Dharmono, D., & Riefani, M. K. (2022). Validitas Buku Saku Malvaceae Di Kawasan Mangrove Desa Sungai Bakau Berbasis 3d Pageflip. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 56-62.
Johan, H., Sipriyadi, S., Suhandi, A., Wulan, A. R., & Herawati, A. (2018). Enhancing mastery of earth science concept of prospective physics teachers through interactive conceptual instruction supported by visualization and GRADS. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 435-441.
Nur’Azizah, H., Jayadinata, A. K., & Gusrayani, D. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi energi bunyi. Jurnal Pena Ilmiah UPI, 1(1).
Frima, F. K., Novita, S., Nurfaizi, M. R., Widodo, R., & Husen, M. (2020). Penerapan praktikum jarak jauh pada topik pertumbuhan mikroba dalam masa darurat covid-19 di institut teknologi sumatera. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 8(2), 102-109.
Faizah, U., Subanji, S., & Susiswo, S. (2021). Kemampuan bertanya siswa dalam kegiatan diskusi kelompok pada materi rasio trigonometri. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 9(2), 70-84.
Kurnianto, P., & Dwijananti, P. (2010). Pengembangan kemampuan menyimpulkan dan mengkomunikasikan konsep fisika melalui kegiatan praktikum fisika sederhana. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1).
Palobo, M., & Tembang, Y. (2019). Analisis kesulitan guru dalam implementasi kurikulum 2013 di Kota Merauke. Sebatik, 23(2), 307-316.
Hapsari, R. (2020). Pengembangan kognitif anak melalui kegiatan mengelompokkan benda dengan media bola warna. Generasi Emas, 3(1), 18-24.
Novianti, R. (2012). Teknik Observasi bagi pendidikan anak usia dini. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 1(1), 22-29.
Kurniawati, Y. (2017). Analisis Kesulitan Penguasaan Konsep Teoritis Dan Praktikum Kimia Mahasiswa Calon Guru Kimia. Jurnal Konfigurasi, 1(2), 146-153.
Nofiana, I., Yulianti, D., & Riswandi, R. (2015). Pengembangan Panduan Praktikum Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, 3(5), 1-12.
Aini, N., Zainuddin, Z., & Mahardika, A. I. (2018). Pengembangan materi ajar IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif berorientasi lingkungan lahan basah. Pengembangan Materi Ajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Berorientasi Lingkungan Lahan Basah, 6(02).
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v10i1.5304
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Rendy Wikrama Wardana, Yestilia Anggraini, M. Lutfi Firdaus, Fitri April Yanti, Firmannul Catur Wibowo, Elsi Adelia Fitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF
Email: [email protected]
JIPF Indexed by:
Copyright (c) JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)
ISSN 2477-8451 (Online) and ISSN 2477-5959 (Print)