The Effect of E-LKPD Based on Physics Toolbox Sensor Suite on Simple Harmonic Motion Material on High School Students' Understanding of Physics Concepts
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (English)References
Nastiti, F. E., & Ni’mal‘Abdu, A. R. (2020). Kesiapan pendidikan Indonesia menghadapi era society 5.0. Jurnal kajian teknologi pendidikan, 5(1), 61-66.
Sya'idah, F. A. N., Wijayati, N., Nuswowati, M., & Haryani, S. (2020). Pengaruh model blended learning berbantuan e-LKPD materi hidrolisis garam terhadap hasil belajar peserta didik. Chemistry in Education, 9(1), 76-83.
Fitri, H., Maison, M., & Kurniawan, D. A. (2019). Pengembangan E-Modul menggunakan 3D pageflip professional pada materi momentum dan impuls SMA/MA kelas XI. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(01), 46-58.
Chan, M. I. H., Septia, E. A., Febrianti, K., & Desnita, D. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Sma: Meta-Analisis. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 7(2), 238-245.
Riwanto, D., Azis, A., & Arafah, K. (2019). Analisis pemahaman konsep peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal fisika kelas x mia sma negeri 3 soppeng. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 15(2), 23-31.
Putri, W. A. S., Hakim, L., & Sulistyowati, R. (2022). Pengembangan e-lkpd materi efek doppler berbasis inkuiri terbimbing berbantuan aplikasi phyphox untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(1), 15-20.
Aminatussaadah, A., Hanafi, M. D., & Maryani, S. (2020). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika di Kelas X. Edutainment, 8(2), 121-130.
Aseng, M. D., Sabu, T. A., & Hau, R. R. (2022). Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Getaran Harmonik Sedarhana. Intelligentes: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 3(1).
Wardani, F. (2020, April). An analysis of student’s concepts understanding about simple harmonic motion: Study in vocational high school. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1511, No. 1, p. 012079). IOP Publishing.
Ananda, A. N., Muhfahroyin, M., & Asih, T. (2021). Pengembangan E-LKPD Disertai Komik Berbasis Guided Inquiry di SMA Negeri 1 Sekampung. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 195-201.
Muzana, S. R., & Astuti, D. (2017, November). Penerapan Pembelajaran Berbasis Simulasi PhET untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Inti pada Siswa SMA. In Prosiding SEMDI-UNAYA (Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu UNAYA) (Vol. 1, No. 1, pp. 409-417).
Koretsky, M., Kelly, C., & Gummer, E. (2011). Student perceptions of learning in the laboratory: Comparison of industrially situated virtual laboratories to capstone physical laboratories. Journal of Engineering Education, 100(3), 540-573.
Putri, V. L. (2022). Pengaruh Praktikum Menggunakan Physics Toolbox Sensor Suite Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Interpretasi Grafik Siswa. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 9(2), 108-120.
Nuryantini, A. Y. (2020). Pembelajaran Gerak Harmonik Sederhana Menggunakan Magnetometer pada Smartphone. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 8(1), 67-71.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives: complete edition. Addison Wesley Longman, Inc..
Wati, D. A., Hakim, L., & Lia, L. (2021). Pengembangan E-LKPD interaktif hukum newton berbasis mobile learning menggunakan live worksheets di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 72-80.
Hendriani, M., & Gusteti, M. U. (2021). Validitas LKPD elektronik berbasis masalah terintegrasi nilai karakter percaya diri untuk keterampilan pemecahan masalah matematika SD di era digital. Jurnal Basicedu, 5(4), 2430-2439.
Musdar, M., Lutfin, N. A., & Hasniati, H. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Menggunakan Mind Map Berbantuan LKPD Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. PHYDAGOGIC: Jurnal Fisika dan Pembelajarannya, 5(2), 108-116.
Distrik, I. W., Rosidin, U., & Abdurrahman, A. (2020). The Role of Hots-Oriented Creative Inquiry Model for Improving Self-Efficacy and Physics Problem-Solving Ability In Gender Perspectives. International Journal Of Psychosocial Rehabilitation, 24(09).
Distrik, I. W., Ertikanto, C., & Sesunan, T. M. (2022). The practicality and effectiveness of the e-worksheet with creative inquiry based and HOTS oriented “3D pageflip” for online learning. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(1), 1-20.
Wulantri, W., Distrik, I. W., Suyatna, A., & Rosidin, U. (2020, February). The Effectiveness of Creative-Inquiry-Based Student Worksheet in Improving Physics Self-Efficacy and Problem Solving of Senior High School Students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1467, No. 1, p. 012036). IOP Publishing.
Distrik, I. W., Ertikanto, C., Purwati, Y. S., Saregar, A., & Ab Rahman, N. F. (2024). Digital Problem-Based Worksheet with 3D Pageflip: An Effort to Address Concept Understanding Problems and Enhance Digital Literacy Skills in 16-17 Years-Old Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 13(1).
Yana, A. U., Antasari, L., & Kurniawan, B. R. (2019). Analisis pemahaman konsep gelombang mekanik melalui aplikasi online quizizz. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(2), 143-152.
Distrik, I. W., Setiawan, W., & Ertikanto, C. (2022). Building physics concept understanding and problem-solving ability in online learning through the concept attainment model. Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni, 11(1), 141-150.
Jalal, A. R., Maison, M., Kurniawan, D. A., Al Amin, M., & Hariono, H. (2022). Analisis deskripsi capaian pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran fisika kelas xi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 336-346.
Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. (2021). Efektifitas LKPD elektronik sebagai media pembelajaran pada masa pandemi covid-19 untuk guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2).
Ariyansah, D., Hakim, L., & Sulistyowati, R. (2021). Pengembangan e-LKPD praktikum fisika pada materi gerak harmonik sederhana berbantuan aplikasi phyphox untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 173-181.
Yasinta Tenria Dinda Ulhaq, 1813022026 (2022) Pengaruh Praktikum Menggunakan Sensor Smartphone Dengan Media Physics Toolbox Sensor Suite Berbasis Inkuri Terbimbing Pada Pembelajaran Gerak Harmonik Sederhana Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v9i3.4679
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 I Wayan Distrik, Arini Wulandari, Viyanti Viyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF
Email: [email protected]
JIPF Indexed by:
Copyright (c) JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)