The Effect of Guided Inquiry Accompanied by Virtual Laboratory on Students' Physics Learning Outcomes and Motivation
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (English)References
Brotosudarmo, D. S. (2022). Pengaruh pendidikan dan teknologi dalam perubahan sikap hidup manusia. Journal of Theology and Christian Education, 2(3): 47- 52.
Utami, Y. P., & P. S. Dewi. (2020). Model pembelajaran interaktif SPLDV dengan aplikasi rumah belajar. Mathema Journal, 2(1): 24-31.
Nuraini, L., F. K. A. Anggraeni, A. Harijanto, S. H. B. Prastowo, Subiki, B. Supriadi, Maryani, Sutarto, & R. Wahyu. (2022). Development of Al-Qur'an-based physics learning media applications to improve higher order thinking skills and spiritual attitudes for preservice physics teacher. Indonesian Review of Physics, 5(1): 32-39.
Multasyam, A. Yani, & Ma'ruf. (2017). Pengaruh model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas X SMA Handayani Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(3): 298-308.
Nurmisanti, Y. Kurniawan, & R. Muliyani. (2017). Identifikasi hasil belajar ranah kognitif siswa pada materi fluida statis. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 2(1): 17-18.
Sari, P. I., Gunawan, & A. Harjono. (2016). Penggunaan discovery learning berbantuan laboratorium virtual pada penguasaan konsep fisika siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4): 176-182.
Marlina, D., K. S. Kapur, N. I. Azzahra, & Desnita. (2021). Meta analisis pengaruh penggunaan lks terhadap keterampilan berfikir kritis siswa SMA dalam pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(2): 30-39.
Rahmawati, E., N. Farika, Z. Nurroniah, L. Nuraini, & B. Supriadi. (2021). Identifikasi motivasi belajar dan gaya belajar peserta didik sekolah menengah atas. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 15(2): 116-129.
Nurjanah, S., & Sunarto. (2018). Analisis kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal fisika materi usaha dan energi siswa kelas X SMK Taman Karya Jetis Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 5(2): 21-26.
Bektiarso, S., D. R. Dewi, & Subiki. (2020). Effect of problem based learning models with 3D thinking maps on creative thinking abilities and physics learning outcomes in high school. ICOPAMBS 2020: 1-8.
Saefullah, A., A. Suherman, R. T. Utami, G. Antarnusa, D. A. Rostikawati, & R. Zidny. (2021). Implementation of PjBL-STEM to Improve students' creative thinking skills on static fluid topic. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 6(2): 149-157.
Wijayanto, T., B. Supriadi, & L. Nuraini. (2020). Pengaruh model pembelajaran project based learning dengan pendekatan STEM terhadap hasil belajar siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(3): 113-120.
Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta. PT. Grasindo.
Suyanti, R. D. (2010). Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Harjilah, N., R. Medriati, & D. Hamdani. (2019). Pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2): 79-84.
Pulungan, M. S., & M. P. Simanjuntak. (2017). Eksplorasi kesulitan belajar serta pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 7 Medan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 5(2): 20-25.
Hosnah, W. M., Sudarti, & Subiki. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2): 190-195.
Aprilia, D. A., Miftahul, L. Nuraini, & A. Sedayu. (2022). Efektivitas model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan scientific berbantuan PhET Simulation terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 12(2): 176-180.
Maryani, N. B. H. Putri, & B. Supriadi. (2022). Development of physics REACT module assisted with PhET Simulations on harmonic vibration materials. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 7(2): 157-167.
Darwis, R., & M. R. Hardiansyah. (2021). Pengaruh penerapan laboratorium virtual PhET terhadap motivasi belajar IPA siswa pada materi gerak lurus. ORBITA Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2): 271-277.
Himmah, F., Subiki, & Supeno. (2021). Pengembangan modul pembelajaran fisika SMA pokok bahasan fluida statis berbasis potensi lokal pada Waduk Lecari Banyuwangi. ORBITA Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2): 343-350.
Wahyuni, S. (2019). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Konsep Fluida Statis di Kelas XI SMAN 5 Banda Aceh. Skripsi. Banda Aceh: Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Sofiuddin, M. B., S. Kusairi, & Sutopo. (2018). Analisis penguasaan konsep siswa pada materi fluida statis. Jurnal Pendidikan, 3(7): 955-961.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Fatimah, Z., D. R. Rizaldi, A. W. Jufri, & Jamaluddin. (2020). Model inkuiri terbimbing berbantuan laboratorium virtual untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika, 1(2): 28-32.
Kusdiastuti, M., A. Harjono, H. Sahidu, & Gunawan. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3): 116-122.
Silfi, R. K., & C. Umatin. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 5(2): 106-113.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v9i1.4163
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Subiki Subiki, Fajar Bahari, Lailatul Nuraini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF
Email: [email protected]
JIPF Indexed by:
Copyright (c) JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)