The Effectiveness of Educational Tools Grounded in Local Knowledge in Enhancing High School Students' Creative Thinking Skills in the Context of Sound Waves
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (English)References
Kemendikbud. (2013). Permendikbud Republik Indonesia No. 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Tawil, M., & Haris, A. (2016). Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif Fisika pada Peserta Didik Kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Bua Ponrang. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1): 127-144.
Awang, H., & Ramly, I. (2008). Creative thinking skill approach through problem-based learning: Pedagogy and practice in the engineering classroom. International Journal of Educational and Pedagogical Sciences, 2(4): 334-339.
Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.
Wibowo, A., & Gunawan. (2015). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di sekolah: konsep, strategi, dan implementasi. Pustaka Pelajar.
Istiawati, N. F. (2016). Pendidikan karakter Berbasis Nilai-nilai Kearifan lokal Adat AMMATOA dalam menumbuhkan karakter konservasi. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1): 1-18.
Wagiran et al. (2010). Pengembangan Model Pendidikan Kearifan Lokal di Wilayah Provinsi DIY dalam mendukung Perwujudan Visi Pembangunan DIY menuju Tahun 2025 (tahun kedua). Penelitian. Yogyakarta: Biro Administrasi Pembangunan.
Rusilowati, A., Supriyadi, S., & Widiyatmoko, A. (2015). Pembelajaran Kebencanaan Alam Bervisi SETS Terintegrasi dalam Mata Pelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1): 42-48.
Jumanta, H. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Ed ke 4. Kencana.
Adhi, I. A. P., Marhaeni, A. N., & Atmadja, N. B. (2013). Pengaruh Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Terhadap Prestasi Belajar Menulis Ditinjau Dari Bakat Verbal Siswa SMP Negeri 2 Amlapura. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1).
Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. Rineka Cipta.
Sudiarman, S., Soegimin, W. W., & Susantini, E. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis inkuri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar pada topik suhu dan perubahannya. JPPS (Jurnal penelitian pendidikan sains), 4(2): 658-671.
Putri, S. D., & Djamas, D. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis keterampilan berpikir kritis dalam problem-based learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1): 125-135.
Lantowa, H. D., Buhungo, T. J., Odja, A. H., & Arbie, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Aplikasi Zoom Pada Materi Fluida Statis Terhadap Hasil Belajar. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(1): 21-27.
Sarah, S. (2018). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Pembelajaran Fisika Berbasis Potensi Lokal. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 2(2): 84-94.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v8i3.3840
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Trisnawaty Junus Buhungo, Mursalin Mursalin, Reka Lagani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF
Email: [email protected]
JIPF Indexed by:
Copyright (c) JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)