Analisis Model Pembelajaran Tipe Think-Pair-Share Berbasis Pemecahan Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa

Sumarli Sumarli

Abstract


Pembelajaran fisika sampai saat ini lebih mengutamakan penilaian hasil belajar tanpa menilai proses pembelajarannya. Selain itu, sistem penilaian prestasi siswa lebih banyak didasarkan melalui tes-tes yang sifatnya menguji kemampuan kognitif tingkat rendah sehingga menyebabkan rendahnya prestasi siswa Indonesia di bidang sains khususnya fisika yang masih di bawah rata-rata internasional. Kemampuan kognitif tingkat rendah ini belum melibatkan proses analisis siswa. Untuk melibatkan proses analisis siswa diperlukan tes yang menguji kemampuan kognitif tingkat tinggi. Namun untuk memberikan tes yang dapat menguji kemampuan kognitif tingkat tinggi diperlukan proses pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman langsung pada siswa. Pembelajaran yang melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi dapat dikembangkan melalui pembelajaran langsung dengan tujuan agar siswa dapat memperoleh ingatan dalam jangka panjang dan siswa juga dapat mengonstruk pengetahuannya sendiri, tetapi kenyataannya secara umum pembelajaran fisika didominasi dengan metode ceramah. Aktivitas siswa hanya terbatas pada mendengarkan, mencatat, menjawab pertanyaan bila guru memberikan pertanyaan, maka proses pembelajaran tersebut jelas tidak mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif dalam beraktivitas. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan tersebut adalah model pembelajaran tipe Think-Pair-Share (TPS) berbasis pemecahan masalah. Model ini dapat mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada diri siswa, membuat siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran sehingga siswa belajar konstruktif tidak bersifat hapalan dan melatih siswa untuk melakukan proses berpikir dan mengungkapkan pendapat dalam memecahkan permasalahan yang ada. Dengan adanya model pembelajaran tersebut diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa yang meliputi keterampilan menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan seiring dengan meningkatnya prestasi belajar siswa serta terwujudnya pmbelajaran fisika yang lebih bermakna.

Keywords


Think-Pair-Share; Pemecahan Masalah; Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

References


Zulfiani, Feronika, Tonih., dan Suartini, Kinkin. 2009. Strategi Pembelajaran Sains. Jakarta Selatan: Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. h. 59.

Rosdianto, H., & Toifur, M. (2017). Implementasi Teori Distribusi Probabilitas Gaussian Pada Kualitas Rangkaian Penyearah Gelombang Penuh. SPEKTRA: Jurnal Fisika dan Aplikasinya, 2(1), 83-90.

Rosdianto, H. (2017). Penentuan Percepatan Gravitasi Pada Percobaan Gerak Jatuh Bebas Dengan Memanfaatkan Rangkaian Relai. SPEKTRA: Jurnal Fisika dan Aplikasinya, 2(2), 107-112.

PERMENDIKNAS Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar & Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional. h. 369.

King, F.J., Goodson, Ludwika., Rohani, Faranak. 2009. Higher Order Thinking Skills. Florida: Center for Advancement of Learning and Assessment.

Anderson, L.W., and Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy of Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman. p.30.

Waluyo, Akhmad Ardi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA Kelas X Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan untuk Memfasilitasi Pengmebangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Universitas Negeri Semarang. h. 2.

Rosdianto, H., Murdani, E., dan Hendra. (2017). The Implementation of POE (Predict Observe Explain) Model to Improve Student's Concept Understanding on Newton's Law. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1): 55-57.

Rosdianto, H. (2017). Pengaruh Model Generative Learning Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 3(2): 66-69.

Nadiya, Rosdianto, H., & Murdani, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Gerak Lurus Kelas X. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 1(2): 49-51.

Irhamna, Rosdianto, H., & Murdani, E. (2017). Penerapan Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Statis Kelas VIII. Jurnal Fisika Flux, 14(1): 61-64.

Belen, S. 2011. Belajar Aktif dan Terpadu. Surabaya: Duta Graha Pustaka.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka. h. 61-62.

Thobroni, Muhammad dan Mustofa, Arif. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruzz Media. h. 297.

Assyafi'i, Arif Fadholi Wahid. 2009. Kelebihan Dan Kekurangan TPS. Online. http://ariffadholi.blogspot.com/2009/10/kelebihan-kekurangantps.html. Diakses tanggal 26 Juni 2016.

Kirkley, J. And Foshay, R. 2003. Principles for Teaching Problem Solving. Online. www.plato.com/downloads/papers/paper_04.pdf. Diakses tanggal 26 Juni 2016.

Polya, G. 1973. How to Solve It. Second Edition. New Jersey: Princeton University Press.

Van De Walle, J. 2007. Elementary and Middle School Mathematics Sixth Edition. Pearson Education, Inc. p. 57.

Gunawan, Adi W. 2004. Genius Learning Strategy. Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Umum. h. 171.

Tran Vui. 2001. Effective Mathematics Teaching Stratgies Inspiring Students: Student Centered Approach. Penang, Malaysia: Recsam. h. 5.

Sumarsih, and Sanjaya, Dedi. 2013. TPS as an Effective Technique to Enhance the Students’ Achievement on Writing Descriptive Text. Canadian Center of Science and Education. English Language Teaching. Vol. 6, No. 12. p. 107-113.

Rahmawati, Ika. 2010. Model Pembelajaran Kooperatif dengan Numbered Heads Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) Ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Gaya Belajar Siswa. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Chikmiyah, Choirotul and Sugiarto, Bambang. 2012. Relationship between Metacognitive Knowledge and Student Learning Outcomes through Cooperative Learning Model Type Think Pair Share on Buffer Solution Matter. Unesa Journal of Chemical Education Vol. 1, No. 1, p. 55-61.

Kale, Mahesa., Astutik, Sri., Dina, Rif’ati. 2013. Penerapan Keterampilan Proses Sains melalui Model Think Pair Share pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 2, No. 2.

Ulya, Syifa., Hindarto, Nathan., Nurbaiti, Upik. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Kelas XI SMA. Unnes Physics Education Journal. Vol. 2, No. 3. h. 17-23.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v3i1.335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sumarli Sumarli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang

Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF
Email: [email protected]

 


JIPF Indexed by:

 

Copyright (c) JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)

ISSN 2477-8451 (Online) and ISSN 2477-5959 (Print)