The Effectiveness of STAD-Type Cooperative Learning Model Based on Online Media in Comprehending Physics Concepts
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (English)References
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19:(Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri–Cikarang Barat–Bekasi). Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1): 208-218.
Azzarkasyi, M., Armanda, A. R., Rizal, S., & Fatmaliana, A. (2020). Potensi Miskonsepsi Pada Pembelajaran Fisika Dasar Selama Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Biology Education, 8(2).
Andiani, W., & Fitria, H. (2021, April). Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Siswa SD Negeri 103 Palembang. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. https://jurnal. univpgri-palembang. ac. id/index. php/Prosidingpps/article/view/5505.
Oktafiyana, C. (2020). Miskonsepsi Siswa SMP Pada Materi Bilangan Bulat Setelah Terlaksananya Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. In Seminar Nasional Pendidikan dan Ilmu Matematika (SENANDIKA) (pp. 35–44).
Maidiyah, E. (1998). Pembelajaran Kooperatif Pada Topik Pecahan di SD (Dalam Upayaupaya Meningkatkan Peran Pendidikan Matematika Dalam Menghadapi Era Globalisasi: Perspektif Pembelajaran Alternaif Kompetitif) Laporan Seminar Nasional Pendidikan Matematika 4 April 1998.
Virgana, V., Samin, S., & Ningsih, R. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif dan Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1): 95-108.
Detri, N. F. A., Verawati, N. N. S. P., & Rahayu, S. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw terhadap penguasaan konsep fisika. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 6(2): 70-75.
Saila, N. (2016, February). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions pada Perkuliahan Konsep Dasar Matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 259-267).
Wibawanto, W. (2017). Desain dan Program Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.
Admin, A. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring: Pengertian, Ciri-ciri, Serta Perbedaannya. AMONG GURU (blog), June, 15. Retrieved from https://www.amongguru.com/pembelajaran-daring-dan-luring-pengertian-ciri-ciri-serta-perbedaannya.
Suwarjo. (2008). Pembelajaran Kooperatif dalam Apresiasi Prosa Fiksi. Malang: Surya Pena Gemilang.
Budiyanto, A. K. (2016). Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.
Mukrima, S. S. (2014). 53 Metode Belajar Dan Pembelajaran plus Aplikasinya. Bandung: Bumi Siliwangi.
Athirah, A., Garancang, S., & Suhardiman, S. (2018). Efektivitas Fish Bowl Technique Sebagai Sarana Sosial Terhadap Kemampuan Berbahasa Dan Pemahaman Konsep. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 6(2): 102-109.
Lamba, H. A. (2016). Pengaruh pembelajaran kooperatif model STAD dan gaya kognitif terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2).
Putra, G. E. A., Tegeh, & Wibawa, C. (2015). The Effect Of The STAD Type Cooperative Learning Model On The Understanding Of Concepts And Social Attitudes Of Class V. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 3(1): 45–52.
Durrotunisa, E., Septiani, N., & Pambudi, R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Wiradesa. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 1, pp. 103-108).
Sumilat, J. M., & Matutu, V. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievemen Division) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(3): 865–870.
Yunianto, T., Suyadi, S., & Suherman, S. (2020). Pembelajaran abad 21: Pengaruhnya terhadap pembentukan karakter akhlak melalui pembelajaran STAD dan PBL dalam kurikulum 2013. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2): 203-214.
Aziz, A., & Yusnita, Y. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TGT Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 05 Batam TP 2016/2017. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2).
Pradevi, A. F., Susanti, M. M. I., & Rustamti, M. I. (2021). Meningkatkan Minat Belajar dan Kreativitas dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Siswa. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(2): 86-91.
Kusumawardani, N., Siswanto, J., & Purnamasari, V. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media poster terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2): 170-174.
Darmayanti, N. P. D., Wiarta, I. W., & Agustika, G. N. S. (2018). Pengaruh model pembelajaran STAD berbasis portofolio terhadap kompetensi pengetahuan matematika. International Journal of Elementary Education, 2(3): 228-236.
Jafar, A. F. (2019). Implementasi Strategi Belajar Kooperatif Murder Terhadap Pemahaman Konsep Fisika. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1): 26-30.
Prayekti, P. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Versus Ekspositori dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Konsep Fisika Siswa Kelas X SMA. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Versus Ekspositori dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Konsep Fisika Siswa Kelas X SMA, 20(4): 535-553.
Gusniar, G. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN No. 2 Ogoamas II. Jurnal Kreatif Online, 2(1).
Nuriansyah, F. (2020). Efektifitas penggunaan media online dalam meningkatkan hasil belajar pada mahasiswa pendidikan ekonomi saat awal pandemi Covid-19. Jurnal pendidikan ekonomi Indonesia, 1(2).
Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2): 74-79.
Mustakim, M. (2020). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1): 1-12.
Azhariansah, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Video Animasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Madrasah Aliyah. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(4): 505-511.
Wijaya, H., & Arismunandar, A. (2018). Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe stad berbasis media sosial. Jurnal Jaffray, 16(2): 175-196.
Simatupang, N. I., Sitohang, S. R. I., Situmorang, A. P., & Simatupang, I. M. (2020). Efektivitas pelaksanaan pengajaran online pada masa pandemi covid-19 dengan metode survey sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2): 197-203.
Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan teknologi media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2): 1-13.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v8i1.3070
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Juniar Rasyid, Eka Damayanti, Sudirman Sudirman, Rafiqah Rafiqah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF
Email: [email protected]
JIPF Indexed by:
Copyright (c) JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)