Analysis of Sound Frequency on Guzheng Using Advanced Spectrum Analyzer Pro
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (English)References
Young, H., & Freedman, R. A. (2001). Fisika Universitas Jilid 2 Edisi Kesepuluh. Jakarta: Erlangga.
Zulfiani. (2009). Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Ditjen Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.
Soeripto. (2008). Higiene Industri. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.
Yasid, A., & Yushardi, Y. (2017). Pengaruh Frekuensi Gelombang Bunyi Terhadap Perilaku Lalat Rumah (Musca Domestica). Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2): 190-196.
Soedojo. (2004). Fisika Dasar. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Malik, A., Oktaviani, V., Handayani, W., & Chusni, M. M. (2017). Penerapan model process oriented guided inquiry learning (POGIL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2): 127-136.
Rosdianto, H. (2018). Rancang bangun alat praktikum gerak jatuh bebas dengan stopwatch otomatis sederhana. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(1): 20-23.
Nisa, U. M. (2017). Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 15, No. 1, pp. 62-68).
Candra, R., & Hidayati, D. (2020). Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 6(1): 26-37.
Kuswana, W. S. (2013). Taksonomi Berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pieter, J. (2017). Pembelajaran ipa berbasis kearifan lokal sebagai solusi pengajaran ipa di daerah pedalaman provinsi papua. On line at https://www.researchgate.net, 1-11.
Wisudawati, A. W., Sulistyowati, E. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Suastra, I. W. (2010). Model Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengembangkan Potensi Dasar Sains dan Nilai Kearifan Lokal di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(1).
Zou, L. (2005). What is Guzheng. https://guzhengmaster.com/what-is-guzheng.
Kurnia, A. (2011). Penala nada alat musik menggunakan alihragam fourier. Semarang; Universitas Diponegoro.
Berg, R. E. (2018). Sound Physics. https://www.britannica/science/sound-physics.
Waluyo, K. A., Noviandini, D., & Sudjito, D. N. (2016). “Konser Fisika”: Pembelajaran Fisika Dengan Mengintegrasikan Seni Musik Menggunakan Gitar Akustik, Zelscope, Dan Lagu Fisika Pada Materi Bunyi. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(1).
Anwar, K., Isnaini, M., & Utami, L. S. (2014). Analisis Akord Dmayor Pada Alat Musik Gitar Acoustik. Jurnal Fisika Idonesia, 18(54): 77-81.
Hartanti, R. S., & Astuti, B. (2017). Analysis of Angklung Sound Intensity as a Acoustic Instrument. Journal Of Natural Sciences And Mathematics Research, 2(1): 122-126.
Trisnowati, E. (2017). Analisis Frekuensi Pada Gong Laras Slendro. Indonesian Journal of Science and Education, 1(1): 30-35.
Purwiyantini, Y., Aji, M. P., & Sulhadi, S. (2016, October). Analisis Akustik Alat Musik Rebana. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 5, pp. SNF2016-CIP).
Nuzul, S. N., & Mitrayana, M. Pengukuran Frekuensi Gender Barung Laras Slendro Menggunakan Perangkat Lunak SpectraPlus. Jurnal Fisika Indonesia, 20(1): 14-18.
Czaplejewics, W. (2017). Advanced Spectrum Analyzer Pro. https://play.google.com/store/apps.
Ishafit, I., Anwar, K., & Toifur, M. (2008, January). Pengukuran Frekuensi Tangga Nada Instrumen Musik Dengan Sistem Microcomputer Based Laboratory. In Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains (pp. D2-1). Fakultas Sains dan Matematka Universitas Kristen Satya Wacana.
Sudrajat. (2009). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Rosdianto, H., & Murdani, E. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Poe (Predict Observe Explain) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1): 55–58.
Murdani, E., & Sumarli, S. (2019, February). Student learning by experiment method for analyzing the dynamic electrical circuit and its application in daily life. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1153, No. 1, p. 012119). IOP Publishing.
Sumarli, S., Nugroho, S. E., & Yulianti, I. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berpendekatan Inquiry terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Physics Communication, 2(1): 63-69.
Sumarli, S., & Murdani, E. (2014). Model pembelajaran kolaboratif dengan tutor sebaya pada pokok bahasan rangkaian seri-paralel hambatan listrik. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 1(2): 42.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v6i3.2659
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Haris Rosdianto, Sumarli Sumarli, Suryati Suryati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF
Email: [email protected]
JIPF Indexed by:
Copyright (c) JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)