Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Muhammad Syahrul Kahar

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Fisika dalam pembelajaran Kooperatif tipe STAD di kelas E Prodi Pendidikan Matematika. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas E Prodi Pendidikan Matematika sebanyak 35 mahasiswa. Pengembangan pembelajaran Fisika ini terdiri dari empat tahap, yakni tahap pembatasan, tahap rancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1). Untuk tes awal diperoleh skor rata-rata kemampuan penguasaan Fisika mahasiswa 61,85 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 11,05 dan berada pada kategori sedang, (2). Untuk tes akhir diperoleh skor rata-rata 75,57 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 6,94 berada pada kategori tinggi. (3). Terdapat peningkatan penguasaan Fisika mahasiswa dari kategori sedang menjadi kategori tinggi, (4).Tanggapan mahasiswa terhadap perangkat pembelajaran Fisika berupa bahan ajar mahasiswa, lembar kerja mahasiswa, dan rencana pembelajaran cenderung positif, (5). Mahasiswa lebih aktif mengikuti kegiatan pembelajaran

Keywords


Perangkat Pembelajaran; Model Pembelajaran Koperatif Tipe STAD; Prestasi Belajar

References


W. J. Popham, “Teaching to the Test.,” Educ. Leadersh., vol. 58, no. 6, pp. 16–20, 2001.

I. Pujiati, “Matematika Melalui Pembelajaran,” J. Ilm. Kependidikan, vol. I, no. 1, pp. 1–20, 2008.

F. A. Adesoji and T. L. Ibraheem, “Effects of Student Teams-Achievement Divisions Strategy and Mathematics Knowledge on Learning Outcomes in Chemical Kinetics,” J. Int. Soc. Res., vol. 2, no. 6, pp. 15–25, 2009.

R. Skiba, S. Ritter, A. Simmons, R. Peterson, and C. Miller, “The safe and responsive schools project: A school reform model for implementing best practices in violence prevention,” Handbook of school violence and school safety: From research to practice. pp. 631–650, 2006.

Sivasailan and and O. Thiagarajan, “Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook.,” no. Indiana: Indiana University, p. 194, 1974.

Sumarni and D. U. Wustqa, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Materi Pokok Kalkulus SMA Kelas XI Semester 2,” J. Ris. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 2, pp. 257–267, 2014.

H. Suyitno, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Filsafat Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Strategi Berbasis Kompetensi dan Konservasi,” vol. 6, no. 2, pp. 199–205, 2015.

G. I. Intan Sari Rufiana, & Mardiyana, “Prodi Magister Pendidikan Matematika, PPs Universitas Sebelas Maret Surakarta,” J. Math. Math. Educ., vol. 4, no. 1, pp. 33–41, 2014.

H. Susanto, Suyatno, and Madlazim, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Multiple Representasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Reaksi Reduksi Oksidasi di Kelas X SMA,” Pros. Semin. Nas. Kim., vol. ISBN : 978, no. September, pp. 69–76, 2014.

A. Y. Jarwadi, Sugianto, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Model Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan CD Interaktif Pada Topik Matter and Its State Kelas VII Siswa RSBI Jarwadi 1 ,” no. 2003, pp. 59–67, 2009.

Urpiah, (2004). Meingkatkan Kemampuan Penguasaan Fisika Melalui Pendekatan Realistik pada Siswa Kelas V SD Inpres BTN IKIP I Makassar.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v2i2.233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang

Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF
Email: jipf@journal.stkipsingkawang.ac.id

 


JIPF Indexed by:

 

Copyright (c) JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)

ISSN 2477-8451 (Online) and ISSN 2477-5959 (Print)