Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kit Eksperimen Inkuiri Terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Siswa Kelas XI SMK Pada Materi Fluida Statis
Abstract
Tujuan penelitia ini adalah untuk memperoleh gambaran penggunaan model probelem based learning untuk meningkatkan peguasaan konsep siswa SMK kelas XI pada materi fluida statis serta untuk memperoleh gambaran tanggapan siswa terhadap model problem based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain “pretest-posttest control group design” yang dilaksanakan di kelas XI pada salah satu SMK di kabupaten Sambas untuk tahun pelajaran 2011/2012. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes awal dan tes akhir untuk pengguasaan konsep siswa serta angket untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap model problem based learning. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata N-gain penguasaan konsep siswa 0,33 untuk kelas eksperimen dan 0,206 untuk kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dua sampel independen dengan SPSS 16 menunjukkan bahwa peningkatan penguasaan konsep siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning berbantuan media eksperimen inkuiri lebih tinggi dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan problem based learning dengan metode praktikum bebas. Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan problem based learning dengan eksperimen inkuiri secara signifikan dapat lebih meningkatkan penguasaan konsep dan siswa dibandingkan dengan pembelajaran problem based learning dengan praktikum bebas.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Fraenkell, J.R. and Wallen, N. (1993). How to design and evaluate research in education, N.Y: Mc. Graw Hill.Amir. (2010).
Amir, M. T. (2005). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar Di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana.
Arends. (2008). Learning To Teach belajar untuk mengajar (seventh ed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Arsyad. (2007), Media Pembelajaran, Jakarta: Raja grafindo persada
Dahar, R.W. (1996), Teori-teori belaja, Jakarta: Erlangga
Haratua, Stepanus, Hairida. (2002), Penerapan Model Belajar Generatif Dalam Pembelajaran Fisika di SMU, Pontianak: FKIP UNTAN.
M. Nur. (2011). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah jilid 2, Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konsrtruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka
Rosdianto, H., Murdani, E., dan Hendra. 2017. The Implementation of POE (Predict Observe Explain) Model to Improve Student's Concept Understanding on Newton's Law. Jurnal Pendidikan Fisika Unimed, 6(1): 55-57.
Rosdianto, H. 2017. Pengaruh Model Generative Learning Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 3(2): 66-69.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v2i2.232
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Sudirman Sudirman, Johar Maknun, Lilik Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF
Email: [email protected]
JIPF Indexed by:
Copyright (c) JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)