The Three Tier-Test Untuk Mengungkap Kuantitas Siswa Yang Miskonsepsi Pada Konsep Konstanta Pegas

Septi Maulini, Yudi Kurniawan, Riski Muliyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai kuantitas siswa yang miskonsepsi pada konsep konstanta pegas. Konsep konstanta pegas didistribusikan menjadi dua sub konsep. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Siswa diwajibkan untuk menjawab soal (dalam bentuk three tier-test) tentang konsep konstanta pegas pada lembar jawaban, kemudian lembar jawaban siswa dianalisis. Hasilnya menunjukkan bahwa kuantitas siswa yang miskonsepsi yang tertinggi adalah pada konsep pertambahan panjang pegas hanya terjadi pada bagian yang paling dekat dengan beban.

Keywords


Three Tier-Test; Kuantitas Siswa yang Miskonsepsi; Konstanta Pegas

References


Yunianingsih, Wulan. & Suyono. (2013). Tingkat Keterampilan Berpikir Siswa Saling Bergantung (DEPENDEN) Dengan Tingkat Penguasaan Konsep Siswa. UNESA Journal of Chemical Education 2 (1), 1-10.

Wahyuningsih, Tri., Raharjo, Trustho., Masithoh, Dyah Fitriana. (2013). Pembuatan Instrumen Tes Diagnostik Fisika SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Fisika (2013) 1 (1), 111-117.

Suparno, Paul. (2005). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo.

Kurniawan, Yudi. & Suhandi, Andi. (2015). The Three Tier-Test for Identification The Quantity of Students’ Misconception on Newton’s First Laws. Global Iluminators Publishing, (2), 313-319.

Isnaini. (2015). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Fisika Menggunakan Tes Diagnostik Pada Mata Kuliah Fisika Dasar Materi Gaya Dan Gerak. KONSTAN: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika Vol. 1. no.1 (2015) hal. 29-3.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v2i2.222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Septi Maulini, Yudi Kurniawan, Riski Muliyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang

Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF
Email: [email protected]

 


JIPF Indexed by:

 

Copyright (c) JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)

ISSN 2477-8451 (Online) and ISSN 2477-5959 (Print)