Identifikasi Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Pada Materi Fluida Statis

Nurmisanti Nurmisanti, Yudi Kurniawan, Riski Muliyani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang hasil belajar ranah kognitif siswa pada materi fluida statis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan sampel telah diambil dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 26 orang siswa di salah satu Madrasah Aliyah di kota Singkawang. Untuk mencapai tujuan tersebut, siswa telah mengisi pertanyaan tentang materi fluida statis dalam tes berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian ini adalah deskripsi kuantitatif tentang hasil belajar ranah kognitif siswa pada materi fluida statis. Kategori kemampuan hasil belajar ranah kognitif diadaptasi dari kategorin-gain. Hasil belajar ranah kognitif yang diteliti yaitu mengingat, memahami dan menerapkan. Hasil penelitian menyatakan bahwa kemampuan hasil belajar ranah kognitif siswa pada materi fluida statis berkategori sedang dengan persentase sebesar 62%. Kemampuan aspek mengingat siswa sebesar 67% dengan kategori sedang, kemampuan aspek memahami siswa sebesar 73% dengan kategori tinggi dan kemampuan aspek menerapkan siswa sebesar 47% dengan kategori sedang.Hasil penelitian ini bisa menjadi referensi bagi peneliti masa depan untuk meningkatkan hasil belajar ranah kognitif pada siswa.

Keywords


Hasil Belajar Ranah Kognitif; Fluida Statis

References


Amir, Musdalifa. Muris. dan Arsyad, Muhammad. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pengalaman Pada Peserta Didik Kelas Xi Ipa SMA Negeri 9 Pinrang. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (Jspf). Jilid 11 Nomor 3, Desember 2015.

Sutrisno.2006.Fisika dan Pembelajarannya.

Kanginan, Marthen. 2013. Fisika untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Penerbit Erlangga

Suryani, Fadiyah.2014.Peningkatan Prestasi Siswa pada Konsep Fluida Statis dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray (TS–TS) Bervariasi Demonstrasi di Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Yogyakarta TA 2012–2013. JRKPF UAD Volume 1 No mor1, April 2014.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Anderson, Lorin W. dan Krathwohl, David R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Terjemahan oleh Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ichtyaranisa, dkk. 2013. Remediasi Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Fluida Statis Menggunakan Model Make A Match Di SMA.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v2i1.199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang

Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF
Email: [email protected]

 


JIPF Indexed by:

 

Copyright (c) JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)

ISSN 2477-8451 (Online) and ISSN 2477-5959 (Print)