The Effect of Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Learning on Students’ Problem Solving Skill
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (English)References
Framework for 21st Century Learning. (2011). Partnership for 21st Century Skill, pp. 1–2.
Christiyoda, S., Widoretno, S., & Karyanto, P. (2016). Pengembangan modul berbasis kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem ekskresi untuk meningkatkan berpikir kritis. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 5(1): 74-84.
Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan dengan Tema “isu-isu strategis pembelajaran MIPA Abad (Vol. 21, No. 10).
Purnamasari, I., Yuliati, L., & Diantoro, M. (2018, February). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Materi Fluida Statis. In Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017 (Vol. 2).
Rahmat, M., & Zulaikah, S. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Strategi Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving Siswa Kelas X SMA. Jurnal Fisika Indonesia, 18(54): 108-112..
Ince, E. (2018). An Overview of Problem Solving Studies in Physics Education. Journal of Education and Learning, 7(4): 191-200.
Azizah, R., Yuliati, L., & Latifah, E. (2015). Kesulitan pemecahan masalah fisika pada siswa SMA. Jurnal penelitian fisika dan aplikasinya (JPFA), 5(2): 44-50.
Indriyani, F., Siswanto, J., & Khoiri, N. (2018). Pengaruh Modeling Instruction Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Materi Usaha Dan Energi Siswa Kelas X MIPA SMA Muhammadiyah Mayong Jepara. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1): 40-44.
Sukma, B., Koes, S., & Kusairi, S. (2016). Identifikasi Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Usaha dan Energi. In Prosiding Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM (Vol. 1).
Rahmatina, D. I., Sutopo, S., & Wartono, W. (2018). Identifikasi kesulitan siswa SMA pada materi usaha-energi. Momentum: Physics Education Journal: 8-14.
Mustofa, Z., Sutopo, S., & Mufti, N. (2016). Pemahaman Konsep Siswa SMA Tentang Usaha dan Energi Mekanik. In Prosiding Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM (Vol. 1).
Yulianawati, D., Novia, H., & Suyana, I. (2016). Penerapan Pendekatan Metakognitif Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana. In Prosiding Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM (Vol. 1).
Winarni, J., Zubaedah, S., & Supriyono, S. (2016). STEM: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. In Prosiding Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM (Vol. 1).
Permanasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. In Prosiding Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM (Vol. 1).
English, L. D. (2016). STEM education K-12: Perspectives on integration. International Journal of STEM education, 3(1): 3.
Dewi, M., Kaniawati, I., & Suwarma, I. R. (2018, May). Penerapan pembelajaran fisika menggunakan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa pada materi listrik dinamis. In Quantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika (pp. 381-385).
Soros, P., Ponkham, K., & Ekkapim, S. (2018, January). The results of STEM education methods for enhancing critical thinking and problem solving skill in physics the 10th grade level. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1923, No. 1, p. 030045). AIP Publishing LLC.
Heller, K., & Heller, P. (2010). Cooperative problem solving in physics a user’s manual. In Tersedia: http://www. aapt. org/Conferences/newfaculty/upload/Coop-Problem-Solving-Guide. pdf.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American journal of Physics, 66(1): 64-74.
Apriyani, R., Ramalis, T. R., & Suwarma, I. R. (2019). Analyzing Students' Problem Solving Abilities of Direct Current Electricity in STEM-Based Learning. Journal of Science Learning, 2(3): 85-91.
Stehle, S. M., & Peters-Burton, E. E. (2019). Developing student 21 st Century skills in selected exemplary inclusive STEM high schools. International Journal of STEM Education, 6(1): 39.
Netwong, T. (2018). Development of Problem Solving Skills by Integration Learning Following STEM Education for Higher Education. International Journal of Information and Education Technology, 8(9).
Kelley, T. R., & Knowles, J. G. (2016). A conceptual framework for integrated STEM education. International Journal of STEM Education, 3(1): 11.
Vasquez, J. A., Sneider, C. I., & Comer, M. W. (2013). STEM lesson essentials, grades 3-8: Integrating science, technology, engineering, and mathematics (pp. 58-76). Portsmouth, NH: Heinemann.
Kaniawati, D. S., Kaniawati, I., & Suwarma, I. R. (2015). Study Literasi Pengaruh Pengintegrasian Pendekatan STEM dalam Learning Cycle 5E terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Fisika. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (SiNaFi).
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v6i1.1829
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Fathiah Alatas, Nur Afriyati Yakin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF
Email: [email protected]
JIPF Indexed by:
Copyright (c) JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)