The Effectivity of Problem Based Learning with Scaffolding on Creative Thinking Ability of Senior High School Students in Terms of Gender
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (English)References
Halim, A., Suriana, S., & Mursal, M. (2017). Dampak problem based learning terhadap pemahaman konsep ditinjau dari gaya berpikir siswa pada mata pelajaran Fisika. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1): 1-10.
Islamiah, A. F., Rahayu, S., & Verawati, N. N. S. P. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Lks Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa Sman 1 Lingsar Tahun Ajaran 2016/2017. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 6(1): 29-36.
Florida, R., Mellander, C., & King, K. (2015). The global creativity index 2015. Martin Prosperity Institute.
Ramadhani, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gender Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Berkarakter pada Siswa Kelas XI SMA YPK Medan. Jurnal Edukasi Matematika, 8(15): 924-932.
Yuliawanti, E., Suciati, S., & Ariyanto, J. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Scaffolding Learning Activities terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa. Bio-Pedagogi, 8(1): 23-29.
Utami, R. P., Probosari, R. M., & Fatmawati, U. M. I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Instagram Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta. Bio-Pedagogi, 4(1): 47-52.
Elizabeth, A., & Sigahitong, M. M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 6(2): 66-76.
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2).
Fatimah, S. I., Astutik, S., & Supeno, S. (2019). Pengaruh LKS Berbantuan Scaffolding Dalam Model Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kreativitas Ilmiah Fisika Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(3): 187-194.
Sutiarso, S. (2009, June). Scaffolding dalam pembelajaran matematika. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta (Vol. 16).
Blundy, J., & Wood, B. (1994). Prediction of crystal–melt partition coefficients from elastic moduli. Nature, 372(6505): 452-454.
Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gender. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2): 219-228.
Dunlap, J. C. (2005). Problem-based learning and self-efficacy: How a capstone course prepares students for a profession. Educational Technology Research and Development, 53(1): 65-83.
Widodo, S. (2012). Profil Kreativitas Guru SMP dalam Membuat Masalah Matematika Kontekstual Berdasarkan Kualifikasi Akademik. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Amanda, R. (2020). Peran Knowledge Sharing dalam Meningkatkan Employee Creativity Melalui Leader-Member Exchange (LMX) pada Tim Kerja Xavier Marks Realty. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 8(1).
Kesianye, S. K. (2015). The Three Perspectives of Integrating Assessment and Instruction in the Learning of School Mathematics. Journal of Education and Practice, 6(19): 212-214.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v6i2.1768
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Herman Jufri Andi, Chairatul Umamah, Wayan Suana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF
Email: [email protected]
JIPF Indexed by:
Copyright (c) JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)