The Development of Physics Teaching Materials Based On Local Wisdom To Improve Students’ Critical Thinking Ability
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (English)References
Sudarmin, S., & Samini, S. (2015). Efektivitas penggunaan modul terintegrasi etnosains dalam pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan literasi sains siswa. Unnes Science Education Journal, 4(3).
Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Veloo, A., Nor, R., & Khalid, R. (2015). Attitude towards physics and additional mathematics achievement towards physics achievement. International Education Studies, 8(3): 35-43.
Ekici, E. (2016). "Why Do I Slog through the Physics?" Understanding High School Students' Difficulties in Learning Physics. Journal of Education and Practice, 7(7): 95-107.
York, T. T., Gibson, C., & Rankin, S. (2015). Defining and measuring academic success. Practical Assessment, Research, and Evaluation, 20(5): 1-36.
Fatimah, N., Gunawan, G., & Wahyudi, W. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa Kelas XI SMKN 1 Lingsar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4): 183-190.
Hidayanto, F. (2016). Pengembangan Modul Fisika SMA Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengoptimalkan Karakter Peserta Didik (Doctoral dissertation, Fisika/FKIP).
Maknun, J. (2017). Konsep Sains dan Teknologi pada Masyarakat Tradisional di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. MIMBAR PENDIDIKAN, 2(2).
Fajarini, U. (2014). Peranan kearifan lokal dalam pendidikan karakter. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2): 123-130.
Arfianawati, S., Sudarmin, M., & Sumarni, W. (2016). Model pembelajaran kimia berbasis etnosains untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1): 46-51.
Kartimi, K. (2014). Implementation of Biology Learning Based On Local Science Culture to Improvement of Senior High School Students Learning Outcome In Cirebon District and Kuningan District. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 3(2): 1-10.
Rahayu, W. E., & Sudarmin, S. (2015). Pengembangan modul IPA terpadu berbasis etnosains tema energi dalam kehidupan untuk menanamkan jiwa konservasi siswa. Unnes Science Education Journal, 4(2).
Sundayana, R. H. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Dewi, N. P. S. R., Wibawa, I. M. C., & Devi, N. L. P. L. (2017). Kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses dalam pembelajaran siklus belajar 7e berbasis kearifan lokal. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1): 125-133.
Suputra, W., Sedanayasa, G., & Dibia, I. K. (2013). Pengaruh Model GI (Group Investigation) Berorientasi Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis SD Negeri Di Desa Sinabun. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).
Maaruf, Z., Yassin, R. M., & Yuliani, E. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.
Safitri, A. N., Subiki, S., & Wahyuni, S. (2018). Pengembangan modul IPA berbasis kearifan lokal kopi pada pokok bahasan usaha dan energi di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1): 22-29.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v5i2.1476
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Landiana Etni Laos, Meti Tefu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF
Email: [email protected]
JIPF Indexed by:
Copyright (c) JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)