The Development and Validation of a Local Wisdom-Integrated Physics Module to Grow the Students’ Character of Sanggup Bagawi Gasan Masyarakat
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (English)References
Oktaviana, D., Hartini, S., & Misbah, M. (2017). Pengembangan Modul Fisika Berintegrasi Kearifan Lokal Membuat Minyak Lala Untuk Melatih Karakter Sanggam. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3): 272-285.
Kamaruddin, S. A. (2012). Character education and students social behavior. Journal of Education and Learning, 6(4): 223-230.
Martawijaya, M. A. (2015). Buku fisika peserta didik berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan karakter dan ketuntasan belajar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 10(3).
Wibowo, A., & Gunawan. (2015). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di sekolah: konsep, strategi, dan implementasi. Pustaka Pelajar.
Hartini, S., Isnanda, M. F., Wati, M., Misbah, M., An’nur, S., & Mahtari, S. (2018, September). Developing a physics module based on the local wisdom of Hulu Sungai Tengah regency to train the murakata character. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1088, No. 1, p. 012045). IOP Publishing.
Mastuang, M., Misbah, M., Yahya, A., & Mahtari, S. (2019, February). Developing The Physics Module Containing Quranic Verses To Train The Local Wisdom Character. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1171, No. 1, p. 012018). IOP Publishing.
Kartimi, K. (2014). Implementation of Biology Learning Based On Local Science Culture to Improvement of Senior High School Students Learning Outcome In Cirebon District and Kuningan District. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 3(2): 1-10.
Arfianawati, S., Sudarmin, M., & Sumarni, W. (2016). Model Pembelajaran kimia berbasis etnosains untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1): 46-51.
Pornpimon, C., Wallapha, A., & Prayuth, C. (2014). Strategy challenges the local wisdom applications sustainability in schools. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 112: 626-634.
Ratana–Ubol, A. (2016). Enhancing local wisdom through lifelong learning in Thailand. Culture. Biography & Life–long learning, 2(2): 57-68.
Supriyadi, Haeruddin, & Nurjannah. (2016). Peningkatan kemampuan memecahkan masalah antara model penalaran kausal berbasis etnosains dan sains modern. JRKPF, 3(2): 35-39.
Hartini, S., Misbah, M., & Resy, R. (2017). Pengembangan modul fisika berintegrasi kearifan lokal hulu sungai selatan. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(2): 157-162.
Hartini, S., Misbah, Helda, & Dewantara, D. (2017, August). The effectiveness of physics learning material based on South Kalimantan local wisdom. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1868, No. 1, p. 070006). AIP Publishing.
Khusniati, M. (2014). Model pembelajaran sains berbasis kearifan lokal dalam menumbuhkan karakter konservasi. Indonesian Journal of Conservation, 3(1).
Aisyah, A. R. (2014). The Implementation of Character Education Through Contextual Teaching and Learning at Personality Development Unit in The Sriwijaya University Palembang. International Journal of Education and Research, 2(10): 203-214.
Abu, L., Mockhtar, M., Hassan, Z., & Suhan, S. Z. D. (2015). How to develop character education of madrassa students in Indonesia. Universitas Ahmad Dahlan.
Rahyono, F. X. (2015). Kearifan Budaya Dalam Kata Edisi Revisi. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.
Satriawan, M., & Rosmiati, R. (2017). Pengembangan bahan ajar fisika berbasis kontekstual dengan mengintegrasikan kearifan lokal untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika pada mahasiswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1): 1212-1217.
Mannan, M. N. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk mengembangkan karakter positif siswa sd. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(2): 141-146.
Hartini, S., Firdausi, S., Misbah, M., & Sulaeman, N. F. (2018). The Development of Physics Teaching Materials Based on Local Wisdom to Train Saraba Kawa Character. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2): 130-137.
Wahyuni, S. (2015). Developing Science Learning Instruments Based on Local Wisdom to Improve Student's Critical Thinking Skills. Indonesian Journal of Physics Education, 11(2): 156-161.
Pamungkas, A., Subali, B., & Linuwih, S. (2017). Implementasi model pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2): 118-127.
Widoyoko, E. P. (2016). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American journal of Physics, 66(1): 64-74.
Suryani, D. I., Suhery, T., & Ibrahim, A. R. (2014). Pengembangan Modul Kimia Reaksi Reduksi Oksidasi Kelas X SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 1(1): 18-28.
Rizta, A., Siroj, R. A., & Novaliana, R. (2016). Pengembangan Modul Materi Lingkaran Berbasis Discovery untuk Siswa SMP. Jurnal Elemen, 2(1): 72-82.
Zulhaini, Z., Halim, A., & Mursal, M. (2016). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Hukum Newton Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Di Man Model Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(1).
Prastowo, A. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Jogjakarta: DIVA pres.
Rajabi, M., Ekohariadi, E., & Buditjahjanto, I. G. P. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Instalasi Sistem Operasi Dengan model Pembelajaran Berbasis Proyek. Pendidikan Vokasi: Teori dan Praktik, 3(01).
Wahyuningtyas, D. T., & Shinta, R. N. (2017). Penggunaan Modul Pembelajaran Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 2(1): 12-20.
Darmiatun, S. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Asfiah, N., Mosik, M., & Purwantoyo, E. (2013). Pengembangan Modul IPA Terpadu Kontekstual Pada Tema Bunyi. Unnes Science Education Journal, 2(1).
Hidayanto, F. (2016). Pengembangan Modul Fisika SMA Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengoptimalkan Karakter Peserta Didik (Doctoral dissertation, Fisika/FKIP).
Azizahwati, Z. M., & Yassin, R. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika SMA berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIX HFI Jateng & DIY, Yogyakarta, 70-73.
Hidayat, K. (2007). SANGGAM Perjalanan Panjang Menuju Otonomi Balangan 1963 - 2003. Kab. Balangan: Perum Percetakan Negara RI Cabang Surabaya dan Pemrakarsa.
Fajarini, U. (2014). Peranan kearifan lokal dalam pendidikan karakter. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2): 123-130.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v5i1.1280
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Misbah Misbah, Maya Hirani, Syubhan Annur, Nurul F Sulaeman, Mohd Ali Ibrahim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF
Email: [email protected]
JIPF Indexed by:
Copyright (c) JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)