Using Adobe Animated CC in Designing Interactive Multimedia Based on Cognitive Conflict on Parabolic Motion Materials
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (English)References
Ministry of Education and Culture. (2014). Technical Guide for Learning and Assessment. Jakarta: Ministry of Education and Culture.
Mufit, F., Asrizal, A., & Puspitasari, R. (2020). Meta-Analysis of the effect of cognitive conflict on physics learning. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 6(2): 267-278.
Zayyinah, Z., Munawaroh, F., & Rosidi, I. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa SMP Dengan Certainty Of Response Index (CRI) Pada Konsep Suhu dan Kalor. Natural Science Education Research, 1(2): 78-89.
Suparno, P. (2013). Misconception & Concept Changes in Physics Education. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana.
Yulianisa, Y., Rizal, F., Oktaviani, O., & Abdullah, R. (2018). Tinjauan Keterampilan Abad 21 (21st Century Skills) Di Kalangan Guru Kejuruan (Studi Kasus: Smk Negeri 2 Solok). CIVED, 5(3).
Hamdi, H. (2013). Pembuatan Multimedia Interaktif Menggunakan Moodle Pada Kompetensi Mengamati Gejala Alam Dan Keteraturannya Untuk Pembelajaran Siswa Sma Kelas XI Semester I. Pillar of Physics Education, 1(1).
Liyanthy, M. (2009). Konsep dan Penerapan Multimedia Interaktif. Bandung: Teknik Informatika, Universitas Pasundan.
Tamara, T., & Arsyid, S. B. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Gerak Parabola Di SMA Taruna Bumi Khatulistiwa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(4).
Rahayu, S. (2015). Pengembangan Tes Diagnostik Pilihan Ganda Dua Tingkat untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi pada Konsep Gerak Dua Dimensi.
Fauziah, A., & Darvina, Y. (2019). Analisis miskonsepsi peserta didik dalam memahami materi gerak lurus dan gerak parabola pada kelas X SMAN 1 Padang. Pillar of Physics Education, 12(1).
Smaragdina, A. A., Nidhom, A. M., Soraya, D. U., & Fauzi, R. (2020). Pelatihan pemanfaatan dan pengembangan bahan ajar digital berbasis multimedia interaktif untuk menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Karinov, 3(1): 53-57.
Supardi, A. (2014). Penggunaan Multimedia Interaktif Sebagai Bahan Ajar Suplemen Dalam Peningkatan Minat Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2): 161-167.
Wiranata, A. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Gerak Parabola. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(9).
Mufit, F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Konflik Kognitif (PbKK) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Meremediasi Miskonsepsi. Padang: UNP.
Chun, R. (2017). Adobe Animate CC Classroom in a Book. Adobe Press.
Fikri, M., & Musril, H. A. (2021). Perancangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Adobe Animate Di SMKN 1 Bukittinggi. J. Inform. Upgris, 7(2): 59-63.
Rahayu, P., & Ratna, S. (2020). Peran Pembelajaran STEM Dalam Penerapan Adobe Animate Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Tata Busana. Jurnal Online Tata Busana, 9(3).
Plomp, T. (2013). Educational design research: An introduction. Educational design research, 11-50.
MoNE. (2010). Guidelines for the Development of ICT-Based Teaching Materials. Directorate General of Primary and Upper Secondary Education.
Khairunnisa, H., & Kamus, Z. (2018). Analisis Efektivitas Pengembangan Bahan Ajar Fisika dengan Konten Kecerdasan Sosial pada Materi Gerak Parabola, Gerak Melingkar dan Hukum Newton untuk Kelas X SMA. Pillar of Physics Education, 11(2): 121-128.
Dhanil, M., & Mufit, F. (2021). Design and Validity of Interactive Multimedia Based on Cognitive Conflict on Static Fluid Using Adobe Animate CC 2019. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 7(2): 177-190.
Yuli, F., & Mufit, F. (2021). Disain dan Validitas Bahan Ajar Berbasis Konflik Kognitif Mengintegrasikan Virtual Laboratory pada Materi Optik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA/MA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v8i1.3597
Refbacks
Copyright (c) 2023 Prima Lestari Atmam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF
Email: [email protected]
JIPF Indexed by:
Copyright (c) JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)