Development of Physics REACT Module Assisted With PhET Simulations on Harmonic Vibration Materials
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (English)References
Isjoni, H. (2014). Cooperative Learning, Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta
Sutarto. (1996). Pendekatan Bridging Analogy dalam Remidiasi Miskonsepsi Konsep Fisika. Jember: Universitas Jermber.
Finkelstein, N. D., Adams, W. K., Keller, C. J., Kohl, P. B., Perkins, K. K., Podolefsky, N. S., ... & LeMaster, R. (2005). When learning about the real world is better done virtually: A study of substituting computer simulations for laboratory equipment. Physical review special topics-physics education research, 1(1): 010103.
Marlinda, M., Halim, A., & Maulana, I. (2016). Perbandingan Penggunaan Media Virtual Lab Simulasi Phet (Physics Education Tekhnology) Dengan Metode Eksperimen Terhadap Motivasi Dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(1).
Ismaun, I. (2019). Pengaruh Media Phet Simulations Terhadap Pemahaman Konsep Model Molekul Siswa SMA Negeri 1 Mawasangka. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 12(1), 99-115.
Depdiknas. (2008). Penulisan Modul. Jakarta: Direktur Tenaga Kependidikan Dirijen PMPTK.
Dewi, P. K. A., Agung, A. A. G., Tirtayani, L. A., & Psi, S. (2015). Penerapan Metode Bermain Berbantuan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Di TK Widya Bakti Nongan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1).
Maulida, S. I., Prihandono, T., & Maryani, M. (2019). Pengembangan Modul Fisika Gelombang Bunyi Berbasis REACT Untuk Kelas XI IPA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(3): 174-180.
Ibrahim, E., & Yusuf, M. (2019). Implementasi Modul Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Model REACT Berbasis Kontekstual pada Konsep Usaha dan Energi. Jambura Physics Journal, 1(1): 1-13.
Ismaya, S. N., & Harijanto, A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (React) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2).
Ültay, E. (2012). Implementing REACT strategy in a context-based physics class: Impulse and momentum example. Energy Education Science and Technology Part B: Social and Educational Studies, 4(1): 233-240.
Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudijono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American journal of Physics, 66(1): 64-74.
Nafrianti, N., Supardi, Z. I., & Erman, E. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan phet pada materi listrik dinamis untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1): 1100-1106.
Zahro, U. L., Serevina, V., & Astra, M. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) fisika dengan menggunakan strategi relating, experiencing, applying, cooperating, transferring (REACT) berbasis karakter pada pokok bahasan hukum newton. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(1).
Nafaida, R., Halim, A., & Rizal, S. (2015). Pengembangan modul berbasis phet untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa pada materi pembiasan cahaya. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(1): 181-185.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v7i2.2357
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 novita bekti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF
Email: [email protected]
JIPF Indexed by:
Copyright (c) JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)