Development of Science Literacy Assessment Based on Multi Representation of Rectilinear Motion Concept to Investigate Students' Science Literacy Competencies
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (English)References
Bashooir, K., & Supahar, S. (2018). Validitas dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja literasi sains pelajaran fisika berbasis STEM. Jurnal penelitian dan evaluasi pendidikan, 22(2): 219-230.
Asyhari, A. (2019). Pengembangan Instrumen Asesmen Literasi Sains Berbasis Nilai-Nilai Islam Dan Budaya Indonesia Dengan Pendekatan Kontekstual. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22(1): 166-179.
Nofiana, M., & Julianto, T. (2018). Upaya peningkatan literasi sains siswa melalui pembelajaran berbasis keunggulan lokal. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 9(1): 24-35.
Zainab, Z., Wati, M., & Miriam, S. (2017). Pengembangan instrumen kognitif literasi sains pada pokok bahasan tekanan di kelas VIII SMP kota Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3): 113-125.
[
Rusilowati, A., Nugroho, S. E., Susilowati, E. S. M., Mustika, T., Harfiyani, N., & Prabowo, H. T. (2018, March). The development of scientific literacy assessment to measure student’s scientific literacy skills in energy theme. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 983, No. 1, p. 012046). IOP Publishing.
Hudha, M. N., Batlolona, J. R., & Wartono, W. (2019, December). Science literation ability and physics concept understanding in the topic of work and energy with inquiry-STEM. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2202, No. 1, p. 020063). AIP Publishing LLC.
Budiarti, I. S., & Tanta, T. (2021). Analysis On Students’ Scientific Literacy of Newton’s Law and Motion System in Living Things. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(1): 36-51.
Ridho, S., Aminah, N. S., & Supriyanto, A. (2018). The profile of scientific literacy skill student at SMA Batik 2 Surakarta. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 4(2): 47-54.
Rusilowati, A., Kurniawati, L., Nugroho, S. E., & Widiyatmoko, A. (2016). Developing an Instrument of Scientific Literacy Assessment on the Cycle Theme. International Journal of Environmental and Science Education, 11(12): 5718-5727.
Nasution, I. B., Liliawati, W., & Hasanah, L. (2019, February). Development of scientific literacy instruments based on pisa framework for high school students on global warming topic. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1157, No. 3, p. 032063). IOP Publishing.
Widianingtiyas, L., Siswoyo, S., & Bakri, F. (2015). Pengaruh pendekatan multi representasi dalam pembelajaran fisika terhadap kemampuan kognitif siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1): 31-38.
Munifatuzzahroh, U. (2018). Penyusunan Instrumen Penilaian Multi Representasi Berbasis Keterampilan Abad Ke-21 bagi Siswa SMA pada Materi Fluida Statis. Skripsi. Pendidikan Fisika Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Astuti, Y. W. (2013). Bahan ajar fisika SMA dengan pendekatan multi representasi. Jurnal Pendidikan Sains, 1(4): 382-389.
Fitriatun, A., & Sukanti, S. (2016). Analisis Validitas, Reliabilitas, Dan Butir Soal Latihan Ujian Nasional Ekonomi Akuntansi Di MAN Maguwoharjo. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 5(8).
Kadir, A. (2015). Menyusun dan menganalisis tes hasil belajar. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2): 70-81.
Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudijono, A. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Chiappetta, E. L., Fillman, D. A., & Sethna, G. H. (1991). A method to quantify major themes of scientific literacy in science textbooks. Journal of research in science teaching, 28(8): 713-725.
Sulistiarmi, W., Wiyanto, W., & Nugroho, S. E. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI-IPA Pada Mata Pelajaran Fisika SMA Negeri Se-Kota Pati. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(2): 95-101.
Rohmi, P. (2015). Penerapan Levels Of Inquiry untuk Meningkatkan Domain Kompetensi dan Pengetahuan Sains Siswa SMP pada Tema Pencemaran Lingkungan (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Wulandari, N., & Sholihin, H. (2015). Penerapan model problem based learning (PBL) pada pembelajaran IPA terpadu untuk meningkatkan aspek sikap literasi sains siswa SMP. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains, 8.
Raharjo, A. T. (2010). Hubungan antara multiple intelligence dengan prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Malang. Jurnal Psikologi Tabularasa, 5(2).
Waldrip, B., Prain, V., & Carolan, J. (2010). Using multi-modal representations to improve learning in junior secondary science. Research in science education, 40(1): 65-80.
Handayani, A., Abdurrahman, A., & Suana, W. (2014). Analisis Hasil Belajar Fisika Siswa Ditinjau Dari Pilihan Mode Representasi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(4).
Kohl, P. B., & Finkelstein, N. D. (2005). Student representational competence and self-assessment when solving physics problems. Physical Review Special Topics-Physics Education Research, 1(1): 010104.
Asmi. (2016). Penyusunan Instrumen Evaluasi Kognitif Berbasis Multi Representasi Pada Topik Kalor. Skripsi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Semarang.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v6i3.2229
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ellianawati Ellianawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF
Email: [email protected]
JIPF Indexed by:
Copyright (c) JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)