The Development of a Physics Module Based on the SETS Learning Model to Improve Students' Conceptual Understanding
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (English)References
Warsono. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Surabaya: PT. Remaja Rosdakarya.
Khasanah, N. (2015). SETS sebagai Pendekatan Pembelajaran IPA Modern pada Kurikulum 2013. Semarang: Jurusan Pendidikan Biologi, UIN Walisongo.
Sutrisno. (2006). Fisika dan Pembelajarannya. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Handayani, D. L., & Istiyono, E. (2018). Pengembangan Modul Fisika Berbasis SETS untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA. E-Journal Pendidikan Fisika, 7(6), 570-577.
Zahra, M., Wati, W., & Makbuloh, D. (2019). Pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, Society): Pengaruhnya pada Keterampilan Proses Sains. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3): 320-327.
Usmeldi, U., Amini, R., & Trisna, S. (2017). The development of research-based learning model with science, environment, technology, and society approaches to improve critical thinking of students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2): 318-325.
Kadir, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Sets pada Siswa Mtsn 1 Kendari. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 12(2): 1-24.
Lisma, L., Kurniawan, Y., & Sulistri, E. (2018). Penerapan Model Learning Cycle (LC) 7E Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Aspek Menafsirkan dan Menyimpulkan Materi Kalor Kelas X SMA. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 2(2): 35-37.
Rosdianto, H., & Murdani, E. (2017). The implementation of POE (Predict Observe Explain) model to improve student’s concept understanding on Newton’s law. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1): 55-57.
Herimanto, H., Murdani, E., & Kurniawan, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Pada Materi Pengukuran. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(2): 44-46.
Radiko, E., Kurniawan, Y., & Muliyani, R. (2018). Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Zat dan Wujudnya. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 3(2): 52-54.
Susilawati, N. K., & Khoiri, N. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Bermuatan Lifeskill untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 18(54): 87.
Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media.
Kurniawan, A. (2011). SPSS Serba Serbi Tabulasi Statistika Dengan Cepat dan Mudah. Jakarta: Jasakom
Fatonah, I. (2015). Pengaruh Pendekatan Proses Bervisi Sets Terhadap Keterampilan Proses Siswa Pada Kompetensi Terkait Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Riduwan. (2013). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Andriani, T., Samad, A., & Nurlina, N. (2013). Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Dengan Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Kelas VIIB SMPN 8 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2): 159-168.
Sari, Y. P., Rini, R., & Rasmiwetti, R. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik dengan Pendekatan Science, Environment, Technology And Society (Sets) pada Pokok Bahasan Hidrolisis Garam Kelas XI SMA (Doctoral dissertation, Riau University).
Triana, D., & Oktavianto, W. O. (2013). Relevansi Kualifikasi Kontraktor Bidang Teknik Sipil Terhadap Kualitas Pekerjaan Proyek Konstruksi Di Provinsi Banten. Fondasi: Jurnal Teknik Sipil, 2(2).
Prabowo, C. A., Ibrohim, I., & Saptasari, M. (2016). Pengembangan modul pembelajaran inkuiri berbasis laboratorium virtual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(6): 1090-1097.
Sabani, R., Rahmad, M., & Nor, M. (2018, January). Validation and Development of Magnetic Field Interactive Multimedia Using Adobe Flash as Physics Learning Media. In Proceedings of the UR International Conference on Educational Sciences (pp. 54-60).
Hayati, S., & Lailatussaadah, L. (2016). Validitas dan reliabilitas instrumen pengetahuan pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan (pakem) menggunakan model rasch. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 16(2): 169-179.
Prakarsa, G., Zulirfan, Z., & Azizahwati, A. Uji Praktikalitas Perangkat Eksperimen Oersted sebagai Media Pembelajaran Fisika di SMA (Doctoral dissertation, Riau University).
Menrisal, M., Yunus, Y., & Rahmadini, N. S. (2019). Perancangan dan Pembuatan Modul Pembelajaran Elektronik Berbasis Project Based Learning Mata Pelajaran Simulasi Digital SMKN 8 Padang. Jurnal Koulutus, 2(1): 1-16.
Lasmiyati, L., & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2): 161-174.
Mahlianurrahman, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Science, Environment, Technology and Society (SETS) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(2): 133-149.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v6i3.2131
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Miftahul Jannah Fitri, Silvi Trisna, Iing Rika Yanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF
Email: [email protected]
JIPF Indexed by:
Copyright (c) JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)