Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share pada Materi Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR1 SMK Negeri 2 Tarakan

Kule Kule, Hengki Wijaya

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan materi pelajaran listrik dinamis di kelas XI TKR1 SMK Negeri 2 Tarakan. Rancangan penelitian tindakan kelas ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) observasi (observasing) dan (4) refleksi (reflecting). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) materi pelajaran listrik dinamis dengan kegiatan: (1) tahap think, siswa diberi peluang menyelesaikan masalah listrik dinamis berupa muatan atom dalam suatu unsur,  (2) tahap pair, siswa bersama pasangannya menalar keterkaitan antara muatan inti atom dengan elektron, (3) tahap share, siswa bersama-sama kelompok mengomunikasikan hasil temuannya di depan kelas tentang gerakan elektron dapat menimbulkan muatan listrik dinamis. Hasil belajar fisika dengan menggunakan Think Pair Share mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari angka 72,90% pada siklus I menjadi 81,18% pada siklus II.


Keywords


Peningkatan Hasil Belajar; Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS)

References


Frisky, B., Wasis, A., Supardi, I. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Square Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Ketuntasan Belajar Siswa. JPPS (Jurnal Pennelitian Pendidikan Sains), 4(2): 579-590.

Irhamna, Rosdianto, H., & Murdani, E. (2017). Penerapan Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Statis Kelas VIII. Jurnal Fisika Flux, 14(1): 61-64.

Nadiya, Rosdianto, H., & Murdani, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Gerak Lurus Kelas X. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 1(2): 49-51.

Rosdianto, H., Murdani, E., & Hendra. (2017). Implementasi Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1): 55-57.

Gok, T. (2018). The evaluation of conceptual learning and epistemological beliefs on physics learning by think-pair-share. Journal of Education in Science, Environment and Health (JESEH), 4(1): 69-80. DOI:10.21891/jeseh.387489

Prahl, K. (2017). Best practices for the think-pair-share active-learning technique. The American Biology Teacher, 79(1): 3-8.

Raba, A.A.A. (2017). The influence of think-pair-share (TPS) on improving students’ oral communication skills in EFL classrooms. Creative Education, 8: 12-23.

Zuraida. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Tps Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Materi Pokok Bentuk-Bentuk Konflik Sosial Pada Siswa. Jurnal Visipena, 8(2): 295-310.

Sumarli. (2018). Analisis Model Pembelajaran Tipe Think-Pair-Share Berbasis Pemecahan Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(1): 8-13.

Rosdianto, H. (2017). Students` Conceptual Understanding through Generative Learning Model in Topic "Light". JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(2): 259-262.

Hasil tes akhir pembelajaran siswa kelas XI TKR1 SMK Negeri 2 Tarakan tahun 2017.

Siradjuddin, Rosdianto, H., & Sulistri, E. (2018). Penerapan Model REACT Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Arus Listrik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 4(1): 17-22.

Iskandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Rita Novita. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Materi Trigonometri Di Kelas XI IA1 SMA Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal Visipena, 5(1): 128-135.

Muktiyani, & Sulistiawan, A. (2004). Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pair-Share) untuk Materi Pokok Statistik dan Peluang di Kelas IX SMP, Program Studi Pendidikan Matematika PPP-UNESA. Surabaya.

Wiggins, G., & McTighe, J. (1988). Understanding by Design. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development.

Mc. Taggart, R., & Kemmis, S. (1990). The Action Research Planner. Melbourne: Deakin University.

Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Gaung Persada Press.

Yonny, A. (2010). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Penerbit Familia.

Jihad, A., dkk. (2012). Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Penerbit Multi Pressindo.

Rosdianto, H. (2017). Pengaruh Model Generative Learning Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 3(2), 66-69.

Herniati, R., Sulistri, E., & Rosdianto, H. (2017). Penerapan Model Predict Observe Explain Dengan Pendekatan Learning by Doing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Fisika FLUX, 14(2): 120-124.

Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Buni Aksara.

Slavin, R.E. (2015). Cooperative Learning in Elementary Schools, Education 3-13, 43: 5-14.

Johnson, D.W., & Johnson, R.T. (1991). Learning Together and Alone. Allin and Bacon: Massa Chussetts.

Trianto (2011). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research (Teori dan Praktek). Jakarta: Penerbit Prestasi Pustakaraya.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v3i2.452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang

Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF
Email: jipf@journal.stkipsingkawang.ac.id

 


JIPF Indexed by:

 

Copyright (c) JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)

ISSN 2477-8451 (Online) and ISSN 2477-5959 (Print)