PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS LESSON STUDY DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI BILANGAN BULAT

Nindy Citroresmi Prihatiningtyas, Rizqi Kholifasari, Tri Yulianti Astuti, Tendri Solong, Fatmawati Fatmawati, Citra Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbasis lesson study dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT) pada materi  bilanagn bulat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswakelas VII  SMP Negeri 3 Singkawang  yang berjuklah 34 orang . Analisis penelitian difokuskan pada kegiatan perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan proses pembelajaran matematika berbasis lesson study dengan model pembelajaran NHT dapat diikuti oleh siswa secara efektif. Sebagian besar siswa berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Hasil tes individu sebagai uji pemahaman konsep bilanagn bulat mengalami peningkatan dengan perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 83,00 pada siklus I dan perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 86,50 pada siklus II. Sementara, hasil respon mahasiswa terhadap proses pembelajaran diperoleh skor rata-rata sebesar 3,20 yang berarti respon siswa


Keywords


Pembelajaran Matematika, Lesson Study, Numbered Head Together, Bilangan Bulat

Full Text:

PDF

References


Brown, A. (1994). The Advance of learning. Educational Researcher, 23(8), 4-12.

Fernandez, C., Chokshi, S., Cannon, J., & Yoshida, M. (2001). Learning about lesson study in the United States. In E. Beauchamp (Ed.). New and old voices on Japanese education. New York: Sharpe.

González, G., & Deal, J. T. (2019). Using a Creativity Framework to Promote Teacher Learning in Lesson Study. Thinking Skills and Creativity, 32(2),114–128.

Hamdayama,J.(2015).Model dan metode Pembelajaran kreatif dan berkarakter. Ghalia Indonesia. Bogor

Helaluddin. (2018). Restrukturisasi Pendidikan di Indonesia. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 75–82.

Huda. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istirani.(2012).58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Komalasari, K. (2014). Pembelajaran Kontekstual (Konsep dan Aplikasi). Refika Aditama.Bandung

Leavy, A. M., & Hourigan, M. (2016). Using Lesson Study to Support Knowledge Development in Initial Teacher Education: Insights from Early Number Classrooms. Teaching and Teacher Education,57(3), 161–175.

Lewis. (2002). Lesson Study: A Handbook of Teacher-Led Intructional, Philadelphia, PA:Research for Better Schools

Putra, F. G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 203–210.

Rasyid, H., & Dini, A. U. (2017). Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 565–581.

Riyati, S. (2007). Sistem Pembinaan Profesional Guru Pendidikan IPA Melalui Lesson Study. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Rosmaiyadi, R. (2018). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Aljabar pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Singkawang. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 59-70.

Sahal, M. (2019). Lesson Study Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI Di SD Global Surya Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Schipper, T. M., van der Lans R. M., de Vries, S. Goei, S. L., & van Veen, K. (2020). Becoming amore adaptive teacher through collaborating in Lesson Study? Examining the influence of Lesson Study on teachers’ adaptive teaching practices in mainstream secondary education.Teaching and Teacher Education, 88, 102961

Susilawati (2019). Efektivitas Pelaksanaan Lesson Study Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Professional Guru di SMP Negeri 52 Palembang. Jurnal Ilmu Administrasi Negara. 1 (2)59-77

Tedjawati, J. M. (2011). Peningkatan kompetensi guru melalui lesson study: kasus di Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(4), 480-489.

Tjalla, A. (2008). Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau Dari Hasil-Hasil Studi Internasional. Psiko-Edukasi: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling, Volume 6, Nomor. 2, 1-22.

Trianto. (2007). Model- Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v7i2.3834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.