EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PJBL TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang terintegrasi STEM dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran, hasil pembelajaran (aspek kognitif dan afektif) dan kompetensi siswa pada masalah teselasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain posttest only control design yang dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII, dengan sampel kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII B kelas kontrol. Hasil pada penelitian ini yaitu model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi STEM efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dengan rata-rata 70,22 untuk kelas eksperimen dan 45,43 pada kelas kontrol. Model pembelajaran Project Based Learning juga efektif dalam meningkatkan disposisi matematis dengan jumlah responden yang menjawab sangat setuju sebanyak 25,7% pada kelas eksperimen dan 10,1% pada kelas kontrol.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Tabany, T. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013(Kurikulum Teatik Integratif. Jakarta: Kencana, 49-52.
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561
Capraro, R. M., Capraro, M. M., & Morgan, J. R. (2013). STEM project-based learning an integrated science, technology, engineering, and mathematics (STEM) approach. STEM Project-Based Learning an Integrated Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Approach, September, 1–210. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-143-6-
Damayanti, V. V. W., & Irniasari, R. (2020). Religious Based Learning as a Form of Cultivating Character Values in Children with Special Needs at SDLB Jenangan, Ponorogo. International Journal of Emerging Issues in Early Childhood Education, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31098/ijeiece.v2i1.114
Dahar, R., W. (2012). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Penerbit Erlangga, 62.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Ismayani, A. (2016). Pengaruh Penerapan STEM Project - Based Learning terhadap Kreativitas Matematis Siswa SMK. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 3(4), 264–272. http://idealmathede.p4tkmatematika.org
Kusmaryono, I., Suyitno, H., Dwijanto, & Dwidayati, N. (2018). Group investigation based learning improves students’ productive disposition and mathematical power. International Journal of Education, Learning and Development, 6(5), 26–37.
Mutakinati, L., Anwari, I., & Yoshisuke, K. (2018). Analysis of students’ critical thinking skill of middle school through stem education project-based learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 54–65. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.10495
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Profesionalisme Guru, 2nd Edn. Jakarta: Rajawali Pers.
Sagala, S. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2006, 73.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual Dan Spss. Jakarta: Prenada Media Group, 38.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v7i2.3634
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index
Email: [email protected]
JPMI Indexed by:
JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.