EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MICROSOFT MATH SOLVER (MMS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR

Penra Heryana, Isti Rusdiyani, Lukman Nulhakim

Abstract


Penelitian dilakukan sesuai dengan permasalahan dalam proses pembelajaran, yaitu (1) pembelajaran yang biasanya dilakukan tidak sepenuhnya dikuasai oleh siswa; (2) sebagai pendidik harus berinovasi sesuai tuntutan zaman; (3) penggunaan smartphone sebagai alternatif sumber belajar yang efektif; (4) penggunaan android dapat menyelesaikan masalah matematika dan meningkatkan kemandirian belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran android Microsoft Math Software (MMS) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pembelajaran mandiri. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan desain posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, angket kemandirian belajar, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Data yang diperoleh dianalisis dan dideskripsikan untuk uji normalitas dan homogenitas, uji N-Gain Score, dan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen sebesar 72,11% berada pada kategori “Tinggi”, sedangkan pada kelas kontrol hanya 26,70% yang dinyatakan “Rendah”. Hasil angket yang diperoleh 82,62% kemandirian belajar dinyatakan dalam kategori “Tinggi”.


Keywords


microsoft math solver; pemecahan masalah; kemandirian belajar

Full Text:

PDF

References


Ambiyar, A., Aziz, I., & Delyana, H. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1171–1183. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.364

Ansori, Y., & Herdiman, I. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 11. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.646

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Hafizh, M. R. Al, & Fatah, F. (2022). Pengaruh Aplikasi Pembelajaran dan Teori Behavioristik terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa Jurusan Keagamaan. Inovasi Kurikulum, 19(1), 54–68. https://doi.org/10.17509/jik.v19i1.42874

Hendikawati, P., Zahid, M. Z., & Arifudin, R. (2019). Keefektifitas Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar. Prisma, 2, 917–927. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29308/12927

Lestari, A. I., Senjaya, A. J., & Ismunandar, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Appy Pie Untuk Melatih Pemahaman Konsep Turunan Fungsi Aljabar. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1437

Manyeredzi, T., & Mpofu, V. (2022). Smartphones as digital instructional interface devices: the teacher’s perspective. Research in Learning Technology, 30(1063519), 1–9. https://doi.org/10.25304/RLT.V30.2639

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakag) di SMPn Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644

Mingkid, G. J., Liando, D., & Lengkong, J. (2017). Efektivitas Penggunaan Dana Desa Dalam Peningkatan Pembangunan (Suatu Studi Di Desa Watutumou Dua Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara). Jurnal Eksekutif, 2(2), 2–11. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnaleksekutif/article/view/18676

Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Nurhidayat, arif. (2022). Penggunaan MMS Untuk Menentukan Persamaan Biaya Total Marginal Cost dan Revenue Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Jurnal Inovasi Penelitian Mataram. https://stp-mataram.e journal.id/JIP.

Prabowo, I. A., Wijayanto, H., Yudanto, B. W., & Nugroho, S. (2021). E-BOOK Ajar Pemrograman Mobile Berbasis Android. In Angewandte Chemie International Edition. https://eprints.sinus.ac.id/762/1/Buku_Ajar-Pemrograman_Android.pdf

Rahayu, I. F., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 789–798. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.789-798

Rizki, Fitria & Widyastuti. (2019). Penggunaan Aplikasi Microsoft Mathematics Untuk Pengembangan Bahan Ajar Matematika Siswa. Jurnal Matematika. Desimal: Jurnal Matematika.

Sundayana, R. (2018). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v7i2.3467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.