Determinasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Interaktif PhET Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa SD

Putu Eka Suarmika, Vidya Pratiwi, Samsuri Samsuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media interaktif PhET terhadap kemampuan literasi sains pada mata pelajaran IPA yang dilaksanakan di SDI Al – Abror Situbondo. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design dan teknik pengambilan sampel berupa random sampling yang terdiri dari kelas VI-A (kelas eksperimen) dengan jumlah 26 dan kelas VI-C (kelas kontrol) dengan jumlah 24 sehingga total sampel sebanyak 50 siswa. Instrumen pada penelitian ini berupa soal tes essay. Berdasarkan hasil uji hipotesis kemampuan literasi sains dengan taraf signifikan 5%, uji – t nilai post – test kedua kelas menunjukkan bahwa thitung sebesar 6,46 dan ttabel sebesar 2,03 dengan thitung > ttabel maka hasil keputusan Ho ditolak dan H1 diterima. Dan nilai rata – rata hasil kemampuan literasi sains pada kelas eksperimen sebesar 87,69 lebih baik dibanding kelas kontrol sebesar 75,91. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains pada mata pelajaran IPA yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media interaktif PhET terdapat pengaruh secara signifikan

Keywords


Inkuiri Terbimbing;PhET;literasi sains.

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan konteksual. Jakarta: Prenada Media.

Aprilia, P. W., Suryanti, S., & Suprapto, N. (2021). Pembelajaran inkuiri untuk melatih literasi sains siswa pendidikan dasar. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2): 250-268.

Dantes, N. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Raja Grafindo Persada

Efendi, N., & Barkara, R. S. (2021). Studi Literatur Literasi Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Dharma PGSD, 1(2): 58.

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum Dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2): 85–114.

Hulu, P., Harefa, A. O., & Mendrofa, R. N. (2023). Studi Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1): 152-159.

Irsan, I. (2021). Implemensi Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(6): 5631-5639.

Karim, dkk. (2017). Recostructing The Physics Teaching Didactic Based on Marzano’s Learning Dimension on Training The Scientific Literacies. Journal of Physics: Conference Series. (Vol. 812, No. 1, p. 012102). IOP Publishing.

Kemdikbud. 2013. Kurikulum 2013 Adalah Kurikulum Nasional Sejak Tahun 2013/2014. kementrian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi.

Mahulae, P. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Menggunakan Media PhEt Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1): 37–39.

Mamun, M., Lawrie, G. 2022. Exploration Of Learner-Content Interactions and Learning Approaches: The Role of Guided Inquiry in The Self-Directed Online Environments. Computers & Education, 178, 104398.

Pujiningsih, A. L. M., Gunawan, A., & Adi, Y. K. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan PhET Simulations Terhadap Hasil Belajar Siswa. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 6(1): 1-16.

Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). PhET: Simulasi Interaktif Dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1): 10–14.

Sulistiawati, A., & Prastowo, A. (2021). Penggunaan PhET Sebagai Media Interaktif Pembelajaran IPA Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 2(2): 82–91.

Suriani, N., & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2): 24–36.

Wen, C., dkk. 2020. Students’ Guided Inquiry with Simulation and Its Relation to School Science Achievement and Scientific Literacy. Elsevier:Computers & Education, 149 (103830).

Yulianto, D. E., Irfan, M., & Permata Sari, R. D. (2022). Pengaruh Model PBL Berbasis Etnosains Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 12(2): 272-280.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v9i2.5731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.