PENINGKATAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 24 SUNGAI PINYUH

Uray Zuraida

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas peserta didik pada pembelajaran tematik di kelas I SD Negeri 24 Sungai Pinyuh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan bentuk penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan perhitungan persentase rata-rata 3 kreativitas peserta didik berupa menafsirkan gambar/cerita, senang melibatkan diri dalam tugas-tugas dan bekerja lebih cepat diperoleh sebesar 54,2% pada siklus I dan 68,3% pada siklus II. Hasil ini memperlihatkan bahwa kreativitas peserta didik dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 14,2%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik dapat meningkatkan kreativitas peserta didik kelas I SDN 24 Sungai Pinyuh.


Keywords


Kata Kunci: penelitian tindakan kelas, kreativitas, tematik, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Akhmad Sudrajat. 2008. Penilaian Hasil Belajar. (Online) (http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/05/01/penilaian-hasil-belajar/, diakses pada tanggal 14 Januari 2017).

Amirul Hadi., Haryono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: C. Pustaka Setia.

BSNP. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Kelas I. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta. Publisher.

Ida Rianawati. 2011. Pembelajaran Kreatif I. (Online) (http://ida-rianawaty.blogspot.com/2011/02)model-pembelajaran-kreatif-produktif.html, diakses pada tanggal 7 Januari 2017).

Igak Wardani. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas.

Kurnia., Inggridwati., dkk. 2007. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Massofa. 2007. Ruang Lingkup dan Proses Pembelajaran. (Online) (http://massofa.wordpress.com/2007/12/21/ruang-lingkup-dan-proses-pembelajaran-ips/, diaskes pada tanggal 07 Januari 2017).

Mulyasa. 2009. Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nanang Hidayat. 2010. Karakteristik dan Perkembangan Belajar. (Online) (http://nananghidayat17.blogspot.com/2010/04/karakteristik-dan-perkembangan-belajar.html, diaskes pada tanggal 10 Januari 2017).

Reni Akbar., Hawadi., Sihadi Darmo Wihardjo., & Mardi Wiyono. 2001. Kreativitas. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana.

Sirojudin. 2004. Belajar Matematika SD Kelas I. Bandung: PT. Sarana Pancakarya Nusa.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alpabeta.

Suharsimi Arikunto., Suhardjono., & Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Sinar Grafika.

Syaiful Bahri Djamarah., Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka Raya.

Utami Munandar. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Watidana. 2010. Student. (Online) (http://watidana.student.unn.ac.id/Pebelajaran-Kreatif, diakses pada tanggal 22 Januari 2017).

Wawan Junaidi. 2010. Jenis-Jenis Tes Hasil Belajar. (Online) (http://wawan-junaidi.blogspot.com/jenis-jenis-tes-hasil-belajar.html, diakses pada tanggal 10 Januari 2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v3i1.533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.