Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning

Revalusiana Trijaya, Elly Sukmanasa, Epon Nurlaela

Abstract


Penelitian dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan kolaborator dengan tujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan hasil belajar mata Pelajaran matematika pada materi pecahan kelas V dengan menerapkan model problem based learning. Obyek penelitian berjumlah 24. Metode penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart dengan teknik pengumpulan data, observasi, tes, penilaian, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik statistik desktiptif. Hasil penelitian pada aspek penilaian pelaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan sebanyak 3% dari hasil siklus I 95,5% dan pelaksanaan pembelajaran siklus II mendapatkan nilai 98,5%. aspek perubahan sikap peserta didik (keberanian, ketelitian, tanggung jawab, dan keaktifan) mengalami peningkatan sebanyak 19,5% dari rata-rata siklus I 67,4% dan nilai rata-rata siklus II 86,9%. Sama halnya dengan aspek perubahan keterampilan peserta didik mengalami peningkatan sebanyak 10,9% dari rata-rata siklus I 81,2% dan nilai rata-rata siklus II 92,1%. Selain itu, aspek lainnya yang mengalami peningkatan yaitu aspek ketuntasan hasil belajar. Mengalami peningkatan sebanyak 58,3%, pada siklus I rata-rata persentase 20,8% dengan indikator keberhasilan 75% dan secara klasikal tuntas dengan persentase siklus II sebanyak 79,1%. menunjukkan tercapainya indikator keberhasilan penelitian secara klasikal 75% dengan KKM yang telah ditentukan yaitu 70 dengan mendapat rata-rata nilai 80,5. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar mata Pelajaran matematika di kelas V di Sekolah Dasar Negeri Julang Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor semester ganjil tahun Pelajaran 2023/2024.


Keywords


Hasil Belajar, Model Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Bachtiar, S., Zubaidah, S., Corebima, A. D., & Indriawati, S. E. 2018. The Spiritual and Social Attitudes of Students Towards Integrated Problem Based Learning Models Issues in Educational Research, 28(2), 254-270.

Datreni, Ni Luh. 2022. Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research Vol.6, No. 3

Davita, P.W.C., dan Pujiastuti, H. 2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Vol.11(1)

Hamzah, H. M. Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers

Hasanah, Rohmatul, dkk. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII B SMPN 13 Surabaya. JMER: Journal of Mathematics Education Research ISSN 2829-6001

Heryanto, dkk. 2022. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Fakultas KIP Universitas Quality, Vol. 6, No.1

Idris, Muhamad, dkk. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SD. Jurnal Nuansa Akademik Vol.8 No.1

Kurniasih, Imas & Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena

Kusnandar, D. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Motivasi Belajar Ipa. Madrascience: Jurnal Pendidikan Islam, Sains, Sosial, Dan Budaya, 1(1), 17–30.

Marfu’ah, Solikhatun, dkk. 2022. Model Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. PRISMA 5. Prosiding Seminar Nasional Matematika ISSN 2613-9189

Najoan, Roeth A.O. 2023. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 5, No. 2

Rahmadani. 2019. Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Lantanida Journal, Vol.7

Sarjianto. 2019. Peningkatan Hasil Belajar PAI. Pendidikan Empiris: Edisi 30/ Volume 6

Sudjana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Syahputra E. 2020. Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v8i3.4776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.