IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SIKLUS AIR DI KELAS V SDN 24 PENDOPO

Mareti Setianingrum, A Heryanto, Sunaedi Sunaedi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model problem based learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar materi siklus air dikelas V SDN 24 Pendopo. Jenis penelitian one group pre-test post-test design, subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 24 Pendopo yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Instrumen tes berupa soal essay atau uraian berjumlah 5 soal untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji Paired sample t-test. Berdasarkan hasil pengujian yang di peroleh dengan melakukan tes awal (Pretest) dan tes akhir (Posttest) yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan uji t bahwa harga thitung sebesar (16,502) menunjukkan nilai yang lebih tinggi dari nilai ttabel (t0.05, 22 = 2.074) sehingga Ho diterima dan Ha ditolak, dari hasil hitung uji t tersebut maka terdapat implementasi model problem based learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar materi siklus air dikelas V SDN 24 Pendopo.


Keywords


problem based learning;audio visual;siklus air.

Full Text:

PDF

References


Agustina, E., Armariena, D. N., & Prasrihamni, M. (2022). Implementasi model problem based learning berbantuan media audiovisual pada materi siklus air dikelas V SDN 5 kampung baru. Jurnal kependidikan dasar, 81-98.

Faujiah, N., Septian, S. N., Putri, T., & Setiawan, U. (2022). kelebihan dan kekurangan jenis-jenis media. Jurnal telkomunikasi, kendali dan listrik , 81-87.

Jayanti kusuma, G. A., & Japa, G. N. (2018). Penerapan model pjbl berbantuan media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar ipa. Jurnal ilmiah pendidikan profesi guru, 29-38.

Marwah, H. S., Suchyadi, Y., & Mahajani, T. (2021). pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar subtema manusia dan benda lingkungannya. Journal of social studies, arts and humanities (jssah), 42-45.

Masrinah, e. n., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem based learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis. literasi pendidikan karakter berwawasan kearifan lokal pada era revolusi industri , 924-932.

Rahman, R. H. (2021). Penerapan media audio visual dalam meningkatkan akhlak anak sekolah dasar di masa pandemi2021. Jurnal ilmu-ilmu keislaman. 46-54.

Rusman. (2017). Belajar & pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kebijakan. Bandung: Alfabeta.

Zainal, N. F. (2022). problem based learning pada pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 3584-3593.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v9i1.4554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.