EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTU AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Di SDN 229 PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidak model pembelajaran talking stick berbantu audio visual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 229 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan quasi eksperimental design, dan bentuk nonequivalenst control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 229 Palembang yang terdiri dari 88 siswa. Sampel penelitian ini adalah dua kelas yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas VA sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data hasil belajar IPA di peroleh menggunakan metode tes berupa tes essay. Analisis data menggunakan uji statistik deskriptif dan independent sample t test, dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 artinya data tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran talking stick berbantu audio visual berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa di SDN 229 Palembang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran talking stick berbantu audio visual sangat efektif diterapkan karena dapat memotivasi dan membangkitkan minat siswa dalam proses pembelajaran sehingga meningkatkan hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anindita, H., Harto Nuroso, & Reffiane, F. (2018). Keefektifan Model Talking Stick Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar IPA Tema “Ekosistem” Kelas V SDN Jatingaleh 01. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED, 3(1), 10–15.
Antari, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 8, 136–146.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta : PT RINEKA CIPTA.
Asri, W. B., Nurhalim, K., & Suhandini, P. (2019). The Implementation of Talking Stick Model Assisted by Audio-Visual Media Toward Positive Character and Learning Outcome. Journal of Primary Education, 8(2), 225–231.
Ayu, I., Tri, P., Wibawa, I. M. C., & Rati, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undisksha, 6(3), 185–193.
Damayanti, A., & Setyaningsih, M. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantu Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5653–5660.
Destini, F. & Khairani, F. 2022. Pengaruh Model Talking Stick Dan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas V. Didaktika. 2 (1): 1-10.
Faradita, M. N. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Type Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 47–58.
Hamalik, O. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Hartono, (2019).Metodologi Penelitian. Pekanbaru: Zanafa Publishing.
Kesumawati, N., & Andrianu, I. (2018). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan. Palembang : NeorFikri Offset.
Molan, A. S., Ansel, M. F., & Mbabho, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Ketrampilan Berbicara Di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 176–183.
Phalguna, I. W. W., & Putra, D. K. N. S. (2020). Talking Stick Learning Model Assisted with Audiovisual Media Toward Science Knowledge Competence. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4), 563–572.
Pradina, N. D., Japar, M., & Sukmarani, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Ipa. Prosiding 14th Urecol: Seri Pendididikan. e-ISSN: 2621-0584.
Rahmadhani, V. A., & Quro, U. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Animaker Terhadap Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1141–1149.
Sholeh, K. (2021). Minat Siswa Terhadap Sejarah Dan Budaya Palembang Di SMA Negeri 15 palembang. Kalpataru Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah Terbit, 7(1), 77–82.
Sinaga, R., Sihombing, L. N., & Pasaribu, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1 di Kelas III SD Negeri 096768 Tambun Marisi Kec. Dolog Masagal Kab. Simalungan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 390–395.
Sipahatura, L., Pasaribu, E., & Silalahi, M. V. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 1 Subtema 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup di Kelas III SD Swasta di Pematang Sintar. Jurnal Pendidikan Dan Konsling, 4(6) 3409-3418
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : ALVABETA.
Susanto, A. (2019). Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group.
Syaflin, S. L. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(1), 12–20.
Tati, A. D. R., Atjo, S. E. P., & Ashar, A. (2022). Pengeruh Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPPA. 07, 302–308.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v9i1.4541
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
e-ISSN : 2477-8435
p-ISSN : 2477-5940
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JPDI indexed by:
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.