Penerimaan Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus

Sri Yulianti, Hani Setiawati, Agung Hartoyo, Sulistyarini Sulistyarini, Muhammad Asrori

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis penerimaan orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus yang dilakukan dengan menganalisis berbagai hasil penelitian terdahulu. Menggunakan penelitian kualitatif dengan data deskriptif. Desain penelitian pada penelitian ini ialah penelitian kepustakaan atau studi literatur. Sumber data dalam penelitian ini adalah berbagai kajian atau literatur yang berhubungan dengan penerimaan orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dari berbagai artikel jurnal dari google schooler yang berjumlah 6 artikel. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisa tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat tahapan yang dilalui oleh orang tua dalam proses menerima anak berkebutuhan khsusus, yaitu penolakan, marah, depresi, tawar menawar dan menerima.

Keywords


Penerimaan Orang Tua; Anak Berkebutuhan Khusus

Full Text:

PDF

References


Alfan Noor Rahmat. (2013). Menjadi Orang Tua Yang Istimewa Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta : PT Radja Grafindo Persada.

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), p.77-101.

Cahyani, R. A. (2015). Penerimaan Diri Ibu Dengan Anak Berkebutuhan Khusus di Mojokerto. Mojokerto: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Dolu, E. R. Y., Bunga, B. N., Kiling, I. Y. (2014). Gambaran penerimaan orangtua anakusia dini berkebutuhan khusus di Nusa Tenggara Timur. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Vokasi, 13(2), 45-49.

Faradina, N. (2016). Penerimaan Diri Orang Tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus. Psikoborneo, 4(1), 18-23.

Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga.

Lubis, N. L. (2016). Depresi: Tinjauan Psikologi. Jakarta : PT Fajar Interpratama Mandiri.

Mangunsong, F. (2016). Psikologi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus jilid kedua. Jakarta : LPSP3 UI.

Munisa., Lubis, s. I. A., & Novianti, R. (2022). Penerimaan Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Tunadaksa). Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, 16(3), 358-364.

Normasari, E., Fitrianawati, M., & Rofiah, N. H. (2021). Akseptabilitas Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Kota. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 133-139

Petranto, (2005). It Takes Only One to Stop the Tango (Menyelamatkan Perkawinan Seorang Diri). Depok: Agromedia Pustak.

Purwanto. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Putri Islami, E. D., & Ansyah, E. H. (2020). Penerimaan Diri Ibu yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus. Indonesian Journal of Cultural and Community Development, 7(1), 1-11.

Rahayu, Y. D. P., & Ahyani, L. N. (2017). Kecerdasan Emosi Dan Dukungan Keluarga Dengan Penerimaan Diri Orang Tua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (ABK}. Jurnal Psikologi Perseptual, 2(1),

Rakhmat, Alfan. N. (2013). Menjadi Orang Tua Yang Istimewa Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta : Familia.

Rhomadhona, H. (2017). Sistem Pakar Diagnosa Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus Menggunakan Metode Forward Chaining. vol. 3,

Risky, A. D., & Aisyah, N. (2020). Pemenuhan Hak Asasi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)Persepektif HAM & Pendidikan Islam di MINU Purwosari Metro Utara. Attractive, 2(35),

Robins, M. (2007). Focus On The Good Stuff (Terjemahan). Jakarta: Serambi Ilmu Semesta

Sesa, L. P., & Yarni, L. (2022). Penerimaan Orang Tua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus Di Jorong Ladang Panjang Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 93-102.

Statistik, B. P. (2020). Potret Pendidikan Indonesia Statistik Pendidikan 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Sujito, E. (2017). Dinamika Penerimaan Orang Tua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus. Surakarta: UMS.

Sulthon. (2020). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Depok: Rajagrafindo Persada.

Sumekar, G. (2009). Anak berkebutuhan khusus : cara membantu mereka agar berhasil dalam pendidikan inklusif. Yogyakarta : UNP Press.

Susilo, D. K., Ali, A. Z., & Syamsian, F. (2018). Buku Panduan Pos PAUD Inklusif. Surabaya: Jakad Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v8i2.4353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.