PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DENGAN QUIZLET DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR PADA MATERI ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN

Bela Kartika Sari, Aan Subhan Pamungkas, Trian Pamungkas Alamsyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Learning Management System dengan aplikasi Quizlet dan menguji keefektifan penggunaan LMS dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Learning Management System adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian sebuah konten pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate). Penelitian yang dilakukan di SD Yadika 1 Tegal Alur dengan subjek penelitian peserta didik kelas V berjumlah 20 orang pada uji coba terbatas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, angket, dan penilaian dari beberapa ahli desain media dan materi, bahasa. Hasil penelitian berdasarkan nilai rata-rata hasil uji validasi terhadap aplikasi Quizlet memperoleh 79% dalam desain media dengan kriteria “Layak”, 83% dalam materi dengan kriteria “Sangat Layak”, serta penilaian respon pemahaman peserta didik 80% dengan kriteria “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil tersebut, produk pengembangan dengan aplikasi Quizlet layak digunakan untuk proses pembelajaran untuk peserta didik kelas V di sekolah dasar.

Keywords


LMS; Quizlet; Pembelajaran IPA.

Full Text:

PDF

References


Fani, dkk. (2021). Pengembangan Lembar Peserta Didik (LKPD) Berorientasi HOTS Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 8(2): 43.

M. Yazdi (2019). Quizlet: Aplikasi Pembelajaran Berbasis Smartphone Era Generasi Milenial. Jurnal Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 29(1).

Mulyatiningsih. (2016). Pemanfaatan Learning Management System Dalam Pengelolaan Pembelajaran Daring Pada Satuan Pendidikan. Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi. 2(1): 11-18.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian R&D. Jurnal Pendidikan, 8: 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v8i2.3909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.