PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PETA BUTA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD

Melly Andriani, Destiniar Destiniar, Murjainah Murjainah

Abstract


Media peta buta untuk pembelajaran IPS di SD sudah sangat jarang ditemukan oleh sebab itu peta merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mempermudah siswa memahami pelajaran, penggunaan media peta buta pada mata pelajaran IPS yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SD negeri 150 Palembang. Pengumpulan datanya menggunakan tes, dokumentasi serta teknik analisis datanya menggunakan uji t dan uji prasyarat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekperimen berdasarkan hasil pembahasan, menunjukan terdapat perbedaan dari hasil tes dikelas ekperimen pada Pretest sebesar 70 dan setelah dilakukan perlakuan (Treatment) hasil Posttest kelas ekperimen sebesar dengan rata-rata 80 dikategorikan tinggi, pada kelas kontrol Pretest dengan rata-rata 60 dan Posttest dengan rata-rata 70 dikategorikan sedang dengan metode ceramah, tanya jawab dan penugasaan. Media peta buta terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 150 Palembang dapat dikatakan kelas ekperimen dengan rata-rata nilai 80 dalam penggunaan media dikatakan signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media peta buta diperoleh Fhitung = 73,2 maka penggunaan media peta buta memiliki pengaruh positif dan pengaruh tersebut signifikan 0,04 yang berarti bahwa dk= 48 Ftabel = 5,25 maka Ho ditolak dan Ha diterima dan diketahui bahwa pengaruh penggunaan media peta buta diperoleh Fhitung = 3416 maka penggunaan media peta buta memiliki pengaruh positif dan pengaruh tersebut signifikan 0,03 yang berarti bahwa dk= 450 Ftabel = 1810 maka Ho ditolak dan Ha diterima.


Keywords


Media Peta Buta, Hasil Belajar, Pelajaran IPS, Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References


Anggriani, W., & Indihadi, D. (2017). Analisa rencana pelaksanaan pembelajaran dalam pembelajaran menulis narasi di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Arifin. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Fidrawati. (2015). pengaruh penggunaan media peta terhadap hasil belajar siswa. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, XV No 2.

Firmadani, Fifit. 2020. Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal: Konferensi Pendidikan Nasional.

Itqan. (2017). Problematika Guru Dalam Pengembangan. 145–167.

Indrayanti. (2015). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Surabaya: Victory Inti Cipta.

Jamalia. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Media Permainan Ular Tangga pada Peserta Didik Kelas VI SD Negeri 104/IX Kedemangan Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal PGSD .

Megawati. (2017). Pengaruh Media Poster terhadap Hasil Belajar Kosakata Bahasa Inggris (Eksperimen di SDIT Amal Mulia Tapos Kota Depok). . Getsempena English Education Journal (GEEJ.

Naemah. (2018). peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan media pembelajaran peta buta. Sekolah PGSD, vol 3, 86.

Sugiyono. (2019). Penelitian Rnd Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v8i2.3815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.