PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ANIMASI TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD NEGERI 3 TANJUNG LAGO

Sintia Utami, Jayanti Jayanti, Susanti Faipri Selegi

Abstract


Tujuan penelitian ini “untuk mengetahui adanya pengaruh media interaktif animasi terhadap minat belajar pada mata  pelajaran IPS di SD Negeri 3 Tanjung Lago. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen dengan Desain Nonequivalent Control Group Design, populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu, peserta didik kelas V SD Negeri 3 Tanjung Lago sampel oleh peneliti adalah seluruh siswa kelas VA yang berjumlah 18 orang, dan kelas VB yang berjumlah 17 orang, yang secara keseluruhan siswa kelas VA dan VB berjumlah 35 orang, Teknik Uji T Independent Sample t test dan instrument pengumpulan data berdasarkan angket, dokumentasi dan observasi Hasil penelitian di kelas eksperimen menunjukkan bahwa angket bisa meningkatkan minat belajar, dilihat dari uji normalitas bahwa nilai signifikan kelas VA sebesar  0,695 > 0,05 dan untuk nilai signifikan kelas VB sebesar 0,241 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa signifikan posttest untuk kelas VA dan kelas VB yaitu lebih besar dari 0,05 sehingga data tersebut dinyatakan berdistribusi normal.  Dapat dilihat untuk menguji hipotesis menggunakan Uji T independent sample t test dengan kriteria nilai Sig. Levene’s Test for Equality of Varuances adalah sebesar 0,228 > 0,05 maka dapat diartikan bahwa varians data antara Posttest Kontrol dan Posttest Eksperimen adalah Homogen. Sedangkan tabel Output Independent Sampel test pada bagian Equal Varuances assumed diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam Uji Independent Sampel t test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa pengaruhmedia interaktif bisa meningkatkan minat belajar siswa di lihat dari kelas eksperimen mengalami pengaruh dengan menggunakan media animasi dan kelas kontrol tidak mengalami pengaruh karena menggunakan model konvensional atau ceramah.


Keywords


Media Interaktif Animasi, Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Aridanu, Kesumawati n & Ichan. (2018). statistik parametrik. palembang: noerfikri.

azhar, arsyad. (2020). media pembelajaran. depok: rajawali pers.

buchari. (2017). pengaruh media animasi terhadap minat belajar. 5.

Damayanti, N. N. (2016). pengaruh penggunaan media film dokumenter terhadap hasil belajar geografi materi pokok pelestarian lingkungan hidup untuk pembangunan berkelanjutan pada siswa kelas XI SMA N 3 Semarang tahun ajaran 2015/2016 skripsi. semarang: fakultas ilmu sosial.

Damayanti, N. n. (2017). pengaruh penerapan media audio visual terhadap pemahaman konsep keterampilan sosial dalam pembelajaran IPS. jurnal pendidikan ips indonesia, 48.

daryanto. (2013). tahapan mengajar. bandung: cv yrama widya.

Hariaty. (2020). penggunaan media audio visual dalam peningkatan minat dan prestasi belajar IPS siswa kelas III SD. jurnal education and development, 152-159.

Hasan. (2014). pokok-pokok materi statistik. jakarta: pt bumi aksara.

hidayatullah, d. (2012). animasi pendidikan menggunakan flash . bandung: informatika.

Irianto, Agus. (2018). statistika konsep, dasar aplikasi dan pengembangannya. jakarta: kencana media grup.

Kesumawati, N., & Aridanu, I. (2018). STATISTIK PARAMETRIK PENELITIAN PENDIDIKAN. Palembang: NoerFikri Offset.

Nazmi, M. (2017). penerapan media animasi untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi SMA PGRI 2 Bandung. jurnal pendidikan geografi, 49.

nyoman, d. n. (2017). pengaruh penerapan media audio visual terhadap pemahaman konsep keterampilan sosial dalam pembelajaran IPS pada sisswa kelas VII SMp Ganesha Denpasar. jurnal pendidikan IPS Indonesia, 48.

Palupi, Y. (2021). implementasi penggunaan media audio visual terhadap minat belajar peserta didik. jurnal ilmiah kependidikan, 11.

Pribadi. (2017). Media dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta : kencana.

Punaji, S. (2020). desain pembelajaran. jakarta: bumi aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v8i1.3758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.