PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING MATERI GEOMETRI MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Putri Haryani, Ali Fakhrudin, Patricia H.M Lubis

Abstract


Berdasarkan observasi awal diperoleh dari SD Negeri 90 Palembang yaitu khususnya siswa kelas IV bahwa rata-ratanilai peserta didik di SD Negeri 90 Palembangpada materi geometri masih dibawah KKM “75”. Sedangkan nilai rata-rata peserta didik pada materi geometri di SD Negeri 90 Palembang “70”, dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru, dan peserta didik kurang memahami konsep yang diberikan. Oleh karena itu, pendidik harus menciptakan pembelajaran yang menyenangkan untuk peserta didik, misalnya dengan mengembangkan LKPD yang menarik. Maka peneliti mamadukan LKPD dengan berbasis Contextual Teaching Learning. Pendidik hanya mengandalkan buku paket dari pemerintah, selain itu juga keterbatasan bahan ajar yang dapat memfasilitasi atau mendorong berkembangnya kemampuan peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas IV SD Negeri 90 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analis validasi, analisis kepraktisan dan analisis keefektifan. Proses analisis validasi ini divalidasi oleh 4 ahli/pakar yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa dengan rata-rata 93,88% dikategorikan sangat valid. Proses analisis kepraktisan dengan mengujicobakan kepada peserta didik pada tahap uji perorangan (one to one) menggunakan 3 peserta didik dan tahap uji kelompok kecil (small group) menggunakan 8 peserta   didik, setelah diujicobakan mendapat skor rata-rata 91,33 %. Sehingga dikategorikan sangat praktis. Proses analisisis keefektifan diujicobakan oleh peserta didik melalui uji lapangan (field test) yaitu seluruh peserta didik di kelas, setelah diujicobakan mendapat Gain-score rata-rata 0,72 dikategorikan sangat efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan Contextual Teaching Learning dikategorikan sangat valid, praktis dan efektif. Dengan dilakukannya penelitian ini dalam mengembangkan suatu produk yaitu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan hal sangat penting didalam dunia pendidikan dikarenakan produk yang dikembangkan didalam penelitian ini akan terus mengalir dan bermanfaat untuk anak-anak yang akan menempuh jenjang  sekolah khususnya kelas IV Sekolah Dasar. Peneliti juga membuat pembelajaran yang menyenangkan sehingga materi-materi yang terdapat didalam Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang sudah dikembangkan peneliti berisi materi dalam gambaran bentuk yang nyata yang terdapat dalam kehidupan sehari. Hal ini juga akan mempermudah anak-anak dalam memahami materi atau bentuk soal-soal yang akan dikerjakan.

Keywords


ADDIE, Contextual Teaching Learning, Geometri

Full Text:

PDF

References


Abadiyah, F., Juanengsih, N., & Fadlilah, D. R. (2017). The effect of contextual teaching and learning combined with peer tutoring towards learning achievement on human digestive system concept. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 3(2), 101-111.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Arini, P. D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbentuk Cerita Bergambar Pada Pembelajaran Subtema Jenis-Jenis Pekerjaan Di Kelas IV SD.Universitas Sriwijaya.

Astuti, S., & dkk. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia.Dosen Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Vol.1, No.2 (90-114).

Bustami, Y., Syafruddin, D., & Afriani, R. (2018). The implementation of contextual learning to enhance biology students’ critical thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 451-457.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta:Depdiknas.

Fitria, E., Buyung, & Aisyah. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) materi sistem persamaan linier tiga variabel siswa kelas X MIA SMAN 9 kota Jambi. Jurnalpendidikan matematika Vol. 2 No. 1.

Fitriani, F., Hasan, M. H. M., & Musri, M. (2016). Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas belajar peserta didik pada materi larutan penyangga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(1).

Hidayah, (2019). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis contextual teaching learning untuk melatihkan keterampilan berfikir kritis pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Jurnal Zarah Vol.7 No 2

Johnson, E. (2011). Contextual Teaching and Learning: menjadikan kegiatan belajar mengasyikkan dan bermakna. Bandung: Mizan Learning Center.

Lestari, S. E., Hariyani, S., & Rahayu, N. (2018). Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 3.

Neoloka, A. (2017). Landasan Pendidikan.Depok: KENCANA.

Prastowo,A.(2014).PengembanganBahanAjarTematik.Jakarta:KencanaPrenadamedia Group.

Puspita, V., & Ika Parma Dewi.(2021). Efektifitas E-LKPD Berbasis Pendekatan Investigasi Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar.Jurnal Pendidikan Matematika, volume 05, No. 01, Maret 2021, pp.86-96.

Putri, S. D. (2020). Implementationof LKPD Based On Problems Assisted By Edmodo Application to Improve Student Learning Motivation in Class V Student of SDN 19 Nan Sabaris. The 2nd International Conference on Research and Learning of Physics.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran.Bandung: Rajawali Pers.

Sa’adah, R.N. & Wahyu. (2020). Metode Penelitian R&D (Research and Development). Malang: Literasi Nusantara

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA, CV.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung : Alfabeta.

Suratmi, Laihat, & Rizki Fitrianti.(2019). Using Of LKPD Based On Local Excellences Of South Sumatera To Improve The Student Activities And Learning Outcomes.Universitas Sriwijaya, Vol. 5 No. 1, Maret 2019.

Wijayanti, W. (2018).Pengembangan modul matematika berbasis model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dilengkapi dengan AA (Authentic Assesment) berbantuan flipbook maker untuk SMA kelas X. Jurnal prodi pendidikan matematika UPGRIS Vol. 7 No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v7i3.3509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.