Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keterampilan Metakognitif

Nuris Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari keterampilan metakognitif. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan pretest-posstest nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk keterampilan metakognitif dan tes untuk hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan analisis varians dua jalur dan uji scheffe. Untuk mengatahui peningkatan hasil belajar yang dialami oleh peserta didik, sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan N-Gain analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran konvensional. 2) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar IPA pada peserta didik. 3) Pada peserta didik yang memiliki keterampilan metakognitif tinggi, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran konvensional. 4) Pada peserta didik yang memiliki keterampilan metakognitif rendah, tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Selain itu, Peningkatan hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran berada pada kategori tinggi. Dengan demikian penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik terutama yang memiliki keterampilan metakognitif.

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2015. Pembelajaran Tematik Konsep dasar, Perancangan Perangkat dan Implementasinya. Malang: UM Press

Kemdikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016. Tentang Standar Proses Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Deni Kurniawan. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia.

Poedjiadi, A. 2012. Pendidikan Sains.Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Tim Pengembang Ilmu Pendidikan UPI.

Dantes, N. 2014. Landasan Pendidikan “Tinjauan dari Demensi Makropedagogis”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesa.

Suastra, I. W. 2009. Pembelajaran Sains Terkini “Pendekatan Siswa Dengan Lingkungan Alamiahdan Sosial Budayanya”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesa.

Martin, M. O. dkk. 2015. TIMSS 2015: International Results in Science. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Indriani. 2016. Peringkat PISA Indonesia Alami Peningkatan. http://www.antaranews.com/berita/600165/peringkat-pisa-indonesia-alami-peningkatan. (Diakses pada tanggal 18 Januari 2017).

Gunawan, I. 2017. Instructional Management in Indonesia: A Case Study. Journal of Arts, Science and Commerce, 8(1), 99-107.

Agustina, I. G. A. T. dan Tika, I. N. 2013. Konsep Dasar IPA. Yogyakarta: Ombak.

Llewellyn. D. 2013. Teaching High School Science Through Inquiry and Argumentation. USA: A Sage company.

Villagonzalo, E. C. 2014. “Process Oriented Guided Inquiry Learning: An Effective Approach in Enhancing Students’ Academic Performance”. Presented at the DLSU Research Congress 2014.

Soltis, R. dkk. 2015. “Process-Oriented Guided Inquiry Learning Strategy Enhances Students’ Higher Level Thinking Skills in a Pharmaceutical Sciences Course”. American Journal of Pharmaceutical Education. Vol.79 Tahun 2015.

Sen, A. Y. S dan Geban, O. 2016. “The Effects of Process Oriented Guided Inquiry Learning Environment on Students’ Self-Regulated Learning Skills”. Problems Of Education in the 21 Centuri. Vol.66 Tahun 2016.

Mustafa, M. M. E. 2016. “The Impact of Science Teachers’ Metacognition on Their Planning Choice of Technology-Mediated Inquiry-Based Activities”.https://www.ruor.uottawa.ca/handle/10393/35229?mode=full. Diunduh tanggal 30 Januari 2017.

Faruq, H. A. 2013. “Implementasi Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) dan Penugasan Menulis Jurnal Belajar Untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 5 Probolinggo”. Tesis Pascasarjana Universitas Negeri Malang (Tidak diterbitkan). Malang: Universitas Negeri Malang.

Schraw, G dan Dennison, R. S. 1994. Assessing Metacognitive Awareness. Contemporary Educational Psychology, 19, 460-475.

Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Simbolon, D. H. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Riil Dan Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol.21 No. 3 Tahun 2015.

Kristiani, N. 2016. “Kemampuan Metakognitif, Sikap Ilmiah, dan Hasil Belajar Kognitif pada Pembelajaran Biologi yang Berbeda (Inkuiri, Inkuiri Terintegrasi dengan Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan, dan Pembelajaran Standar) di SMA Kota Malang”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Malang. Tahun 2016.

Fitriyani, R. 2016. “Pengaruh Strayegi Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Metakognitif, Berpikir Krits, Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Kelas XI SMAN Ambulu-Jember”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Malang. Tahun 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v7i2.3339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.