Developing the Teaching Materials of Proverb Menaing with A Contructivism Aproach on Inquisitive Semantics
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, A. (2016). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal eksakta, 2(1), 34-40.
Andriyani, A., & Buliali, J. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Lingkaran Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android bagi Siswa Tunarungu. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 170-185.
Annisa, S. (2015). Peribahasa Melayu Sambas: Sebuah Inventarisasi serta Analisis Jenis dan Fungsi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(5), 1-13
Arie, U. (2000). Pembenihan dan Pembesaran Nila Gift. Jakarta: Penebar Swadaya.
Arisyanto, P., Prasetyo, S. A., Untari, M. F. A., & Sundari, R. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tembang Macapat Berbasis Android bagi Mahasiswa PGSD UPGRIS. Jurnal Basicedu, 5(3), 1584-1592.
Hamzah, Z. A. Z., & Hassan, A. F. M. (2011). Bahasa Dan Pemikiran dalam Peribahasa Melayu. GEMA Online Journal of Language Studies, 11(3), 31-51.
Hassan, A. F. M. (2016). Warisan BUDAYA PEMIKIRAN dalam Peribahasa Melayu. Jurnal Peradaban, 9, 1-10.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan, 2(2), 127-133.
Daud, M. Z. (2018). Gallus Gallus Domesticus dan Paradoxurus Hermaphroditus dalam Peribahasa Melayu: Analisis Semantik Inkuisitif. Sains Humanika, 10(2), 42-51.
Denafri, B. (2018). Struktur Informasi Kalimat Bahasa Indonesia. Sirok Bastra, 6(1), 43-49.
Dick, W., et al. (2009). The Systematic Design of Instruction. Seventh Edition. New Jersey, USA: Pearson.
Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Effendy, T. (2003). Peribahasa dalam kehidupan orang Melayu. http://malaycivilization.ukm.my/idc/groups /portal_tenas/ documents/ukmpd/tenas_42870.pdf.
Effendy, T. (2012). Ungkapan Melayu. Pekanbaru: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Provinsi Riau bekerja dengan Tenas Effendy Foudation.
Fitri, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep pada Materi Persamaan Lingkaran. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 241-257.
Hamzah, Z. A. Z., & Hassan, A. F. M. (2011). Bahasa dan Pemikiran dalam Peribahasa Melayu. GEMA Online Journal of Language Studies, 11(3), 31-51
Husin, W. N. H. W. (2010). Budi-Islam sebagai Teras Pembinaan Identiti Melayu: Satu Analisis Mengikut Perspektif Peradaban. Perspektif Jurnal Sains Sosial dan Kemanusiaan, 2(2), 35-51.
Imron, A. (2018). Penguatan Islam Moderat melalui Metode Pembelajaran Demokrasi di Madrasah Ibtidaiyah. Edukasia Islamika, 3(1), 1-17.
Irtadji, M. (2014). Tindak Pembelajaran Guru yang Menumbuhkembangkan Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2(1), 1-10.
Ishak, M. K. A., & Mohammad, W. M. R. W. (2021). Asimilasi Falsafah Pendidikan Kebangsaan dalam Pengajaran dan Pembelajaran Simpulan Bahasa. Borneo International Journal, 4(1), 1-11.
Ismail, A. B. (2014). Bicara Akhlak dalam Peribahasa Arab dan Melayu: Tinjauan Umum. International Research Management and Innovation Conference 2014 (IRMIC2014), 249-259.
Jalaluddin, N. H. (2018). Semantik dan Interpretasi. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.
Jalaluddin, N. H. (2020). Objek dalam Metafora dan Akal Budi Melayu. Jurnal Antarabangsa Dunia Melayu, 13(2), 199-222.
Jasin, Z. M., & Shaari, A. S. (2016). Keberkesanan Model Konstrukktivisme Lima Fasa Needham dalam Pengajaran KOMSAS Bahasa Melayu. Jurnal Pendidikan Bahasa Melayu, 2(1), 79-92.
Jaya, D. (2020). Penerjemahan Novel Dracula karya Bram Stoker dari Bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia: Kasus Pengalihan Skema Budaya Divergen. Paradigma, 10(1), 96-111.
Kasdan, J., Jalaluddin, N. H., & Ismail, W. N. W. (2016). Ikan (Pisces) dalam peribahasa Melayu: Analisis semantik inkuisitif. International Journal of the Malay World and Civilisation (Iman), 4(1), 31-41.
Kreidler, C. W. (2002). Introducing English Semantic. London & New York: Routledge, Taylor & Francis e-Library.
Lee, M. F., Yusoff, S. N. M., Tan, K. H., & Lim, J. S. C. (2019). Needham Model Based Instructional Multimedia Material for Teaching Digital Logic Gates. Journal of Technical Education and Training, 11(1), 54-62.
Mahamod, Z. (2014). Inovasi P & P dalam Pendidikan Bahasa Melayu. Tanjong Malim, Perak, Malaysia: Universiti Pendidikan Sultan Idris.
Mardalena, I. (2016). Ketiadaan padanan peribahasa Prancis dalam Bahasa Indonesia. Paradigma, 6(2), 178-186.
Masrokhah, Y. (2018). Penerjamahan Peribahasa Jepang ke dalam Bahasa Indonesia (Analisis Isi pada Buku “Peribahasa Jepang/日本のことわざ. Jurnal Bahasa Jepang Taiyou, 1(1), 16-44.
Murthy, T., Subet, M. F., & Daud, M. Z. (2019). Cerminan Pemakanan Sihat dalam Peribahasa Tamil: Suatu Kajian Semantik Inkuisitif (Healthy Diet Reflection in Tamil Proverbs: An Inquisitive Semantic Research). JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 3(2), 117-129.
Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Nair, S. & Muthiah, M. (2005). Penggunaan Model Konstruktivisme Lima Fasa Needham dalam Pembelajaran Sejarah. Malaysian Journal of Educators and Education, 20, 21-41.
Nik Radhiah, N. A., & Kamarul Shukri, M. T. (2015). Pengaruh Islam ke Atas Peribahasa Arab dan Peribahasa Melayu. Pengaruh Islam ke Atas Peribahasa Arab dan Peribahasa Melayu, 1(2), 20-27.
Nurmaya, Y., Susilawati, S., Zuhdi, M., & Hikmawati, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Alat-Alat Optik untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 147-154.
Purnomowulan, N. R., Rafida, U., & Sachmadi, I. F. (2017). Implementasi Kearifan Lokal dalam Teks Bahan Ajar untuk Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Penutur Asing. FKIP E-Proceeding, 105-116.
Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.
Razak, A., Hermandra, E., & Elmustian, E. (2021). Developing Descriptive Text Reading Materials Based on Constructivism Approach. Jurnal pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 5(3), 585-598.
Sa-ah, S. (2020). Kajian Etnolinguistik terhadap Peribahasa dalam Bahasa Thailand. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 4(1), 92-105.
Wahyuni, D. W. D., Oktavia, W. O. W., Zakiyah, H. Z. H., & Afdian, S. A. S. (2021). Upaya Peningkatan Pemahaman Guru Bahasa Inggris SMA Mengenai Model Pembelajaran Sastra Berbahasa Inggris. Dharmakarya, 10(2), 145-153
Waridah, E.(2017). Kumpulan Lengkap Peribahasa, Pantun, & Majas. Jakarta: Bmedia.
Wiguno, P. S. (2017). Efek Persuasi Peribahasa serta Implementasi Pembelajarannya di SMA. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 90-105.
Wulandari, I. C., Susandi, S., & Sriwulandari, Y. A. (2021). Pengembangan Modul Peribahasa Indonesia dengan Memanfaatkan Cerita Rakyat Jawa Timur Berbasis Pendidikan Karakter bagi Siswa Kelas XI SMK NU Bululawang, 2021. In Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingua, Dan Pembelajarannya (Salinga), 1(1), 281-299.
Yusoff, W. A. K. W. (1996). Pantun Manifestasi Minda Masyarakat. Kuala Lumpur: Akademi Pengajian Melayu Universiti Malaya.
Zaini, M. F. H. (2017). Analisis Pemetaan Sematik Unsur Flora dan Fauna dalam Pantun Melayu: Satu Tinjauan Awal. Jurnal Bahasa, Budaya dan Warisan Melayu, 4(1), 17-32.
Zulela, M. S., Siregar, Y. E. Y., Rachmadtullah, R., & Warhdani, P. A. (2017). Keterampilan menulis narasi melalui pendekatan konstruktivisme di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 112-123.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jetl.v8i1.3440
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
JETL (Journal of Education, Teaching, and Learning)
e-ISSN : 2477-8478
p-ISSN : 2477-5924
Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6282142072788
Publisher Contact: [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JETL Indexed by:
JETL (Journal of Education, Teaching, and Learning) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.