MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR DALAM MEMBELAJARKAN MATEMATIKA

Olenggius Jiran Dores, Beni Setiawan

Abstract


Kemampuan literasi siswa indonesia sangat memprihatinkan yakni 79% siswa Indonesia berada pada level rendah. Sedangkan hasil studi internasional yang dilakukan oleh Programme for International Student Assessment (PISA) pada 72 negara di dunia tahun 2015, menyatakan bahwa skor rata-rata literasi matematika siswa Indonesia adalah 386 masih dibawah rata – rata. Guru harus memiliki keterampilan yang baik yang sedini mungkin sebelum melaksanakan pembelajaran matematika pada siswa. Tanpa terkecuali para mahasiswa calon guru Sekolah Dasar. Adapun tujuan penelitian ini adalah meningkatkan literasi matematis mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam membelajarkan matematika. Metode penelitian ini adalah pedagogic action research dengan tahapan think, act, look. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan literasi matematis awal mahasiswa masih rendah dengan rata-rata hasil tes 50,5 ; (2) pembelajaran matematika berbasis literasi berjalan dengan baik; (3) terdapat peningkatan kemampuan literasi matematis mahasiswa sebesar 26,9 ; (4) pembelajaran matematika berbasis literasi berkontribusi terhadap kemampuan literasi matematis mahasiswa

Keywords


Literasi Matematis; Matematika; Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Bistari. (2015). Mewujudkan Penelitian Tindakan Kelas. Pontianak: PT. Ekadaya Multi Inovasi

Indonesia, Presiden Republik. Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem pendidikan nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia, 2003.

Johar, R. (2012). Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang, 1(1), 30.

Kenedi dan Helsa. (2017). Literasi Matematis Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang & Himpunan Dosen PGSD Indonesia, 4, 5, 6 september 2017. ISBN: 978-602-619994-0-4 .

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States: NCTM

NCTM. (2003). Standards for Secondary Mathematics Teacher. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

OECD. (2016). PISA 2015 Results in Focus. New York: Columbia University

Tjalla, A. (2010). Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Hasil-hasil Studi Internasional. Paper (diterbitkan)

Sari, R. H. N. (2015, November). Literasi Matematika: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY (p. 714)

Suherman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, A. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sukardi, H.M. (2015). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Stringer Ernest T. (2009). Integrating Teaching, Learning and Action Research. United Stated: Sage Publications

Tampubolon Saur. (2013). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmun. Jakarta: Erlangga




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.