Correlation between Learning Readiness and Learning Motivation with Mathematics Learning Outcomes in SPLDV Material
Abstract
This study aims to determine the correlation between learning readiness and learning motivation with students' mathematics learning outcomes in the Two-Variable Linear Equation System (SLSDV) topic. This study used a quantitative approach with a correlational design. The population in this study were all eighth-grade students of SMP Takhassus Al-Qur'an Ngabang. The research sample was selected from classes VIII D and VIII E, totaling 57 students selected using simple random sampling. The instruments used in this study included a learning readiness questionnaire, a learning motivation questionnaire, and a descriptive test on the SLSDV material. Data analysis was performed using SPSS for Windows version 23 using the Pearson Product Moment correlation test and multiple linear regression. The results showed a positive and significant correlation between learning readiness and mathematics learning outcomes with an r value of 0.967, which is classified as very strong. Furthermore, there was a positive and significant correlation between learning motivation and mathematics learning outcomes with an r value of 0.849, which is classified as very strong. Simultaneously, there is a positive and significant correlation between learning readiness and learning motivation with mathematics learning outcomes with an R value = 0.983 which is classified as a very strong category and an Adjusted R2 value = 0.965 which means that 96.4% of mathematics learning outcomes can be explained by learning readiness and learning motivation, while the remaining 3.6% is influenced by other factors.
Korelasi antara Kesiapan Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika pada Materi SPLDV
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kesiapan belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Takhassus Al-Qur’an Ngabang. Sampel penelitian dipilih kelas VIII D dan VIII E dengan jumlah sebanyak 57 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket kesiapan belajar, angket motivasi belajar, dan tes uraian materi SPLDV. Teknik analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS for Windows versi 23 menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif dan signifikan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar matematika dengan nilai r = 0,967 yang tergolong ke dalam kategori sangat kuat. Kemudian, terdapat korelasi positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika dengan nilai r = 0,849 yang tergolong ke dalam kategori sangat kuat. Secara simultan, terdapat korelasi positif dan signifikan antara kesiapan belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika dengan nilai R = 0,983 yang tergolong ke dalam kategori sangat kuat serta nilai Adjusted R2 = 0,964 yang berarti bahwa sebesar 96,4% hasil belajar matematika dapat dijelaskan oleh kesiapan belajar dan motivasi belajar, sedangkan 3,6% sisanya dipengaruhi faktor lain.
Kata Kunci :
Kesiapan belajar; motivasi belajar; hasil belajar matematika
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cahyono, D. D., Hamda, M. K., & Prahastiwi, E. D. (2022). Pemikiran Abraham Maslow tentang motivasi dalam belajar. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 6(1), 37–48. https://doi.org/10.52266/tadjid.v6i1.767
Djarwo, C. F. (2020). Analisis faktor internal dan eksternal terhadap motivasi belajar kimia siswa SMA Kota Jayapura. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.33394/jiim.v7i1.2790
Dwiyanti, N., & Ediati, A. (2020). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan motivasi belajar siswa SMA N 1 Batangan Kabupaten Pati. Jurnal Empati, 7(2), 647–653.
Habibi, H., & Suparman, S. (2020). Literasi matematika dalam menyambut PISA 2021 berdasarkan kecakapan abad 21. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(1), 57–64. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8177
Hermansyah, H. (2020). Analisis teori behavioristik (Edward Thordinke) dan implementasinya dalam pembelajaran SD/MI. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 7(1), 15–25.https://doi.org/10.69896/modeling.v7i1.547
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan. https://peraturan.bpk.go.id/
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023). Rapor Pendidikan Indonesia 2023. https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
OECD. (2023). PISA 2022 results factsheets Indonesia. The language of science education (Vol. 1, pp. 1–9). https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108
Pratiwi, D. A. Y. (2024). Pengembangan modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi ditinjau dari kesiapan belajar siswa pada materi statistika (Doctoral dissertation, Universitas PGRI Semarang). Universitas PGRI Semarang Repository. https://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1894/
Rahmanuri, A., Winarni, R., & Anesa, S. (2023). Faktor-faktor yang memengaruhi literasi matematika: Systematic literature review. Didaktika Dwija Indria, 11(6), 1–6. https://doi.org/10.20961/ddi.v11i6.78579
Sudjana, N. (2020). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Remaja Rosdakarya.
Syafii, M., & Fauziyah, Y. (2022). Hubungan kesiapan belajar matematika siswa dengan hasil belajar pada materi bangun datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(1), 73–80. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.73-80
Wati, O. D. (2023). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada pembelajaran kurikulum merdeka siswa kelas X SMA Negeri 8 Kota Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Batanghari Jambi). http://dx.doi.org/10.33087/phi.v7i2.319
Yulianti, R., & Marhayani, D. A. (2024). Hubungan motivasi belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar dalam pembelajaran berdifferensiasi pada materi pecahan kelas IV SDN 27 Singkawang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 488-502.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v11i1.7925
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index
Email: [email protected]
JPMI Indexed by:
JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.















