Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Modul

Mariyam Mariyam, Nindy Citroresmi Prihatiningtyas, Rika Wahyuni

Abstract


Penelitian ini  bertujuan untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel (PtLSV) melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan modul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian adalah True Experimental dengan rancangan penelitian Pretest-Posttest Control Group Design.Populasi dalam Penelitian ini adalah semua siswa Kelas VII SMP N 2 dan SMP N 7 Singkawang. Sampel dipilih dengan teknik simple random sampling.Hasil analisis data menunjukkan bahwa; (1)Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi PtLSV di SMP N 2 Singkawang dan SMP N 7 Singkawang sebelum dan sesudah diterapkannya model PBL berbantuan modul berbeda, berdasarkan uji paired t test didapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan nilai posttest siswa, (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi PtLSV di SMP N 2 Singkawang dan SMP N 7 Singkawang sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran langsung berbantuan modul berbeda, berdasarkan uji paired t test didapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan nilai posttest siswa, (3) Tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi PtLSVanatara kelas yang menggunakan model PBL dan kelas yang menggunakan Model pembelajaran langsung dengan pendekatan Saintifik  berbantuan modul baik di SMP N 2 Singkawang dan SMP N 7Singkawang .


Keywords


Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Badu, Syamsu Qomar. (2014). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Maslah Matematika Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Diakses 19 September 2015

Citroresmi, N., Sugiatno,S.,&Suratman,D. 2016. Pengembangan Modul Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Tesis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, volume 5(4). 2016.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Jogjakarta : Gava Media.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Majid A.2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar KompetensI Guru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mariyam dan Wahyuni, R. 2016. Pengembangan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Problem Centered Learning pada Materi Peluang (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP N 6 Singkawang. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia Volum 1 Nomor 2 Bulan September 2016.

Mulyasa. 2009. Kurikulum yang Disempurnakan Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya

National Council of Teacher of Mathematics. 2000. Principles and Standards for School Mathematics

Sumarmo, U. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Cimahi : Refika Aditama

Scolastika, dkk. 2014. The Effectivennes Learning by PBL Assisted Mathematics Pop Up Book Againts The Spatial Abilty in Grade VIII on Geometry Subject Matery. International Journal Education and Research.

TIMSS. 2011.TIMSS 2011 International Result in Mathematics.USA: TIMSS & PIRLS International Study Center and IEA




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v3i2.730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.