Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Modul
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel (PtLSV) melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan modul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian adalah True Experimental dengan rancangan penelitian Pretest-Posttest Control Group Design.Populasi dalam Penelitian ini adalah semua siswa Kelas VII SMP N 2 dan SMP N 7 Singkawang. Sampel dipilih dengan teknik simple random sampling.Hasil analisis data menunjukkan bahwa; (1)Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi PtLSV di SMP N 2 Singkawang dan SMP N 7 Singkawang sebelum dan sesudah diterapkannya model PBL berbantuan modul berbeda, berdasarkan uji paired t test didapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan nilai posttest siswa, (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi PtLSV di SMP N 2 Singkawang dan SMP N 7 Singkawang sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran langsung berbantuan modul berbeda, berdasarkan uji paired t test didapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan nilai posttest siswa, (3) Tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi PtLSVanatara kelas yang menggunakan model PBL dan kelas yang menggunakan Model pembelajaran langsung dengan pendekatan Saintifik berbantuan modul baik di SMP N 2 Singkawang dan SMP N 7Singkawang .
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Badu, Syamsu Qomar. (2014). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Maslah Matematika Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Diakses 19 September 2015
Citroresmi, N., Sugiatno,S.,&Suratman,D. 2016. Pengembangan Modul Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Tesis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, volume 5(4). 2016.
Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Jogjakarta : Gava Media.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Majid A.2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar KompetensI Guru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Mariyam dan Wahyuni, R. 2016. Pengembangan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Problem Centered Learning pada Materi Peluang (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP N 6 Singkawang. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia Volum 1 Nomor 2 Bulan September 2016.
Mulyasa. 2009. Kurikulum yang Disempurnakan Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya
National Council of Teacher of Mathematics. 2000. Principles and Standards for School Mathematics
Sumarmo, U. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Cimahi : Refika Aditama
Scolastika, dkk. 2014. The Effectivennes Learning by PBL Assisted Mathematics Pop Up Book Againts The Spatial Abilty in Grade VIII on Geometry Subject Matery. International Journal Education and Research.
TIMSS. 2011.TIMSS 2011 International Result in Mathematics.USA: TIMSS & PIRLS International Study Center and IEA
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v3i2.730
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index
Email: [email protected]
JPMI Indexed by:
JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.