Mathematics Connection Skills of Junior High School Students in RME (Realistic Mathematics Education) Learning
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriansyah, E. A. (2016). Makna Realistic dalam RME dan PMRI. LEMMA: Letters of Mathematics Education, 2(2).
Arieska, P. K., & Herdiani, N. (2018). Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif. Jurnal Statistika, 6(2), 166–171. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/statistik/article/view/4322/4001
Ariyani, W., Suyitno, H., & Junaedi, I. (2020). Mathematical Connection Ability and Students’ Independence in Missouri Mathematics Project E-Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 9(2), 185–189. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/33307
Arjudin, A., Subarinah, S., & Suryadi, R. (2020, August). Analyzing Students’ Thinking Process in Solving Linear Algebra Problem. In 1st Annual Conference on Education and Social Sciences (ACCESS 2019) (pp. 86-89). Atlantis Press
Aspuri, A. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita: Studi Kasus di SMP Negeri 3 Cibadak. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(2), 124. https://doi.org/10.25273/jipm.v7i2.3651
Astuti, A. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (Rme) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 49–61. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.32
Bunga, N., & Julia, J. (2016). Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 441-450.
Desi, Suharto, D. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi pada pendekatan. Kadikma, 3(3), 179–188.
Fauzan, S., Rika, D. A. N., & Mustika, M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Karawang Barat. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 383–394.
https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2117
Firdaus, F. M., Afani, A. S., Utami, N. N., & Mega, R. Al. (2022). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 6(1), 32–49.
Fitriatun., Setiawani, S., & Oktavianingtyas, E. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas IX A MTS Negeri 1 Jember Subpokok Bahasan Kubus dan Balok (The Analysis of Mathematic Connection Capability Grade IX A MTS Negeri 1 Jember Subchapter Cube and Block ). Jurnal Edukasi, 4(1), 30–33. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i1.5087
Habel, I. F., & Susilowaty, N. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif. Jurnal Padegogik, 4(2), 32–42. https://doi.org/10.35974/jpd.v4i2.2530
Hadila, R., Sukirwan, & Alamsyah, T. P. (2020). Desain Pembelajaran Bangun Datar melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 49–63. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2172
Hapipi, H., Azmi, S., & Santosa, A. (2018). Penerapan pembelajaran matematika realistik dalam kelompok kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika mahasiswa S1 PGSD tahun akademik 2013. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 5(2), 25-30.
Hartono, Y. (2007). Pendekatan Matematika Realistik (Unit 7).
Universitas Terbuka.
Hasbi, M., Lukito, A., & Sulaiman, R. (2019). The Realistic of Mathematic Educational Approach to Enhancing Ability Mathematical Connections. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(4), 179–183. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v2i4.82
Husna, N., Nurhayati, P, N. C., Wahyuni, R., Utami, C., Rosmaiyadi, ... & Kartina. (2018, November). Implementation of Brain-Based Learning Model to Increase Students' Mathematical Connection Ability on Trigonometry at Senior High School. In Proceedings of the 2018 2nd International Conference on Education and E-Learning (pp. 113-118).
Irsyad Nur Fariz, Diah Gusrayani, I. (2017). Pengaruh Pendekatan Rme Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 751–760.
Jiah, P., Turmudi, T., & Rahayu, P. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(2), 204-211.
K, R. A., & Kurniadi, Y. (2016). Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 991–1000.
Kependidikan, R. P. J., & 2016, undefined. (2018). Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self-Efficacy Siswa. Jurnal.Ummi.Ac.Id, 6, 256–261. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/article/view/281
Latipah, E. D. P., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan pendekatan pembelajaran CTL dan RME. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 17(1).
Muchtar, I. S. M., Hendriani, A., & Fitriani, A. D. (2020). Penerapan Pendekatan RME untuk Meningkatkan Pemahaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5, 108–119.
Mufidah, U. F., & Machromah, I. U. (2023). Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa dengan penerapan pendekatan RME. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1744-1758.
Nurafni, A., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Self Confidence Siswa : Studi Kasus Di SMKN 4 Pandeglang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3013
Prastowo. 2011. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Kencana.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.
Romiyansah, Karim, & Mawaddah, S. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. EDUMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 88–95. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.8342
Rosmaiyadi, R. (2018). Analisis kesalahan penyelesaian soal aljabar pada mahasiswa program studi pendidikan matematika Stkip Singkawang. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 59-70.
Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra di SMP. Prisma, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.438
Surur, M., & Oktavia, S.T. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep matematika. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 11-18.
Widana, I. W. (2021). Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Indonesia. Jurnal Elemen, 7(2), 450–462. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3744
Widarti. (2013). “Kemampuan Koneksi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Matematis Siswa” (jurnal STKIP jombang, 2012). Jurnal Pendidikan Matematika, 1(003), 1–2.
Yudha, O. A., Rosmaiyadi, R., & Nurhayati, N. (2019). Pengaruh Model MEA dengan Pendekatan RME terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Perbandingan Kelas VII. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 46-54.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v9i2.5852
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index
Email: [email protected]
JPMI Indexed by:
JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.