EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS

Rika Wahyuni, Mariyam Mariyam, Dewi Sartika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui ketercapaian ketuntasan siswa pada materi persamaan garis lurus setelah diterapkannya model pembelajaran CPS; 2) Mengetahui  perbedaan peningkatan kemampuan berfikir kritis matematis siswa pada materi persamaan garis lurus antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan model pembelajaran CPS dan yang mendapat model pembelajaran langsung; 3) Mengetahui aktivitas belajar siswa selama diterapkannya model pembelajaran CPS. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental dengan bentuk The Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang dipilih dari 4 kelas. Pengambilan sampel menggunakan  teknik purposive sampling dan terpilihlan kelas   VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Pertimbangan dipilihnya kedua kelas tersebut karena masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar dan rata-rata ketuntasan siswa belum mencapai KKM. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Siswa mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal pada kelas yang menggunakan model pembelajaran CPS  2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berfikir kritis matematis antara siswa yang diberikan model pembelajaran CPS dengan siswa yang diberikan model pembelajaran langsung; 3) Aktivitas siswa tergolong aktif selama diterapkan model pembelajaran CPS.


Keywords


Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Ketuntasan Belajar, Kemampuan Berfikir Kritis, Aktivitas Belajar.

Full Text:

PDF

References


Baron, J. B & Sternberg, R. J. (1987). Teaching Thinking Skills : Theory and Practice. New York: W. H. Freeman and Company.

Daniel, Farida (2016). Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Implementasi Project Based Learning (PJBL) Berpendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, volume 1 (1), Halaman 7-13 Tahun 2016.

Depdiknas. 2007. Model-model Pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan

Ennis, R.H. (1991). Critical Thinking: A Streamlined Conception [versi elektronik]. Teaching Philasophy.

Hidayanti, Dwi (2016). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Kesebngunan. Universitas Negeri Malang, ISSN: 2502-6526.

Istarani. (2015). 50 Tipe, Strategi dan Teknik Pembelajaran Kooperatif. Medan: Media Persada

Keren L, Pepkins. 2004. Creative Problem Solving in Math. Artikel dari www.uh.edu

Mahmuda, R dkk. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa di Madrasah Tsanawiyah. Universitas Pendidikan Indonesia.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc

Permendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta:Depdikbud




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.