Development of LKS Based on Contextual Approach to Improve Students' Mathematical Communication Ability on Statistics Material Class VII Junior High School
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriyani, R. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Segiempat dan Segitiga Untuk Siswa SMP Kelas VII. Journal Mathematics of Educations, 2 (2), 65-77.
Apriana, R., Sugiatno, dan Hamdani. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berstruktur Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5 (1), 1-13.
Arpani, P., Buyung, dan Relawati. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Barisan dan Deret Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2), 128-141.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
Fatkhurrokhman, M., Endi P., Ratna E., dan Satria U. R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teknik Digital Berbasis Project Based Learning di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(1), 101-109.
Komalasari, K. (2014). Pembelalajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Nobonnizar. (2013). Pengenbangan Bahan Ajar Komunikasi Matematika Dalam Materi Dimensi Tiga Di SMA. Bandung: repository.upi.edu.
Nurdin, S. dan Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Nurhayati, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Pada Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3 (2), 121-136.
Permendikbud. (2016). Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Permendikbud. (2016). Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Permendikbud. (2016). Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Prastowo, A. (2018). Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar. Depok: Prenadamedia Group.
Purnamasari, K. dan Himmawati P. L. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk SMP Kelas VII Materi Segitiga dan Segi Empat Melalui Pendekatan Kontekstual dan Model Pembelajaran Probing Prompting. Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (1), 18-30.
Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 2 (1), 13-23.
Ramellan, P., Edwin M., dan Armiati. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis & Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1), 77-82.
Rangkuti, D. dan Darmina E. S. R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kontekstual Untuk meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Prosisding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 161-172.
Salirawati, D. (2006). “Penyusunan dan Kegunaan LKS dalam Proses Pembelajaran”. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132001805/pengabdian/19penyusunnan-dan-kegunaan-lks.pdf. Diakses 20 April 2020.
Shobirin, M., Subyantoro, dan Ani R. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Bahasa Inggris Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Semarang. Journal of Primary Educational, 2 (2), 63-70.
Soraya, S., Rosmaiyadi, R., & Wahyuni, R. (2021). Pengaruh model pembelajaran SQ3R terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi pola bilangan. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 6(1), 28-34.
Sulastri, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 30 (1), 1-6.
Tiara, Johan Yunus, dan Yuhasriati. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di SMA Negeri 1 Sinabang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 5 (1), 40-46.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Utomo, A. M. D. W., Fadli, dan Rani R. (2016). “Pengembangan Bahan Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA NEGERI 1 LUBUKLINGGAU Tahun Pelajaran 2016/2017”. http://mahasiswa.mipastkipllg.com/repository/Artikel%20Anna%20Maria%20Dwi%20Wati%20Utomo.pdf. 20 April 2020.
Wahyuni, R., Citra U, dan Nurul H. (2016). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kemampuan Kounikasi Matematis Siswa Pada Materi Fungsi Komposisi Kelas XI SMA Negeri 6 Singkawang. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1 (1), 81-86.
Widadi, S., Mega T. Budiarto, dan Tatag Y. E. Siswono. (2016). Pengembangan Perengkat Pembelajaran dengan Pemecahan Masalah untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SD Materi Pecahan. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 2 (2), 152-158.
Zahro, U. L., Vina S., dan I Made A. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika dengan Menggunakan Strategi Relating, Applyng, Cooperating, Transfering (REACT) Berbasis Karakter Pada Pokok Bahasan Hukum Newton. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 2 (1), 63-68
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v9i2.4930
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index
Email: [email protected]
JPMI Indexed by:
JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.