ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA MATERI STATISTIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

Ilham Rais Arvianto, Dixian Bhikuning

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan yang dialami mahasiswa dari setiap kategori kemampuan berpikir kreatif dalam mengerjakan soal cerita pada materi statistika. Kemampuam berpikir kreatif dikelompokkan menjadi 3 kategori, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Identifikasi jenis kesalahan dalam mengerjakan soal cerita menggunakan prosedur Newman yang terdiri dari 5 tahap, yaitu R (membaca), C (memahami), T (transformasi), P (proses), dan E (kesimpulan). Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 6 orang yang diambil secara stratified random sampling dari mahasiswa Prodi Informatika FTI UTDI tahun akademik 2021/2022, dengan rincian 2 subjek untuk setiap kategori kemampuan berpikir kreatif. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan berpikir kreatif, tes diagnosis kesalahan, dan pedoman wawancara. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah pada setiap kategori kemampuan berpikir kreatif, terdapat perbedaan jenis kesalahan yang dialami mahasiswa dalam mengerjakan soal cerita pada materi statistika. Kesalahan terbesar yang dialami oleh mahasiswa dalam mengerjakan soal cerita materi statistika pada kategori kemampuan berpikir kreatif tinggi dan rendah, terletak pada tahap E dengan persentase masing-masing sebesar 66,7% dan 83,3%. Sedangkan pada kategori kemampuan bepikir kreatif sedang, kesalahan terbesar terletak di tahap C dengan persentase sebesar 100,0%.

Keywords


analisis kesalahan; soal cerita; berpikir kreatif; prosedur Newman

Full Text:

PDF PDF

References


Abdullah, A. A., & Suhartini, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Statistika Berbasis Pendidikan Politik di Lingkungan Sekolah. Jurnal Gantang, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.63

Amalia, S. R. (2017). Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gaya Kognitif Mahasiswa. Aksioma, 8(1), 17. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1505

Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., & Purwasih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 71. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4912

Effendi, K. N. S., & Farlina, E. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Kelas VII dalam Penyelesaian Masalah Statistika. Jurnal Analisa, 3(2), 130–137. https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.2013

Firmansyah, M. A. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika (JPPM), 10(2), 115–127. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2036

Handayani, U. F., Sa’dijah, C., & Susanto, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Adopsi ‘PISA.’ Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(2), 143. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i2.12109

Hidayat, W. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write (TTW). Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, M1–M10. Yogyakarta: Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Ismunandar, D., & Nurafifah, L. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Bab Tree dan Spanning Tree Berdasarkan Prosedur Newman. Jmpm, 6(1), 1–14.

Komarudin, Sujadi, I., & Kusmayadi, T. A. (2014). Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP Dsa;alam Pengajuan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(1), 29–43.

Murtafiah, W. (2017). (2017). Profil kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam mengajukan masalah persamaan diferensial. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(2), 73-81. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(2), 73.

Oktaviana, D. (2018). Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 22. https://doi.org/10.23971/eds.v5i2.719

Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Ceria Persamaan Linier Satu Variabel (Analisi of Student’s Errors in Solving Word Problems of Linear Equations in One Variable). Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165–174.

Siswono, T. Y. E. (2008). Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memcahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 60–68.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v7i2.3623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.