ANALISIS MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA PADA MATA KULIAH MATEMATIKA

Dwi Ariani Finda Yuniarti, Dwiani Listya Kartika, Agus Prianggono

Abstract


Minat dan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah matematika yang diberikan untuk mahasiswa program studi Teknik Informatika merupakan aspek pembelajaran yang penting untuk diperhatikan. Pentingnya matematika bagi semua lapisan kehidupan harus ditanam sejak dini, agar mahasiswa mengerti bahwa matematika merupakan pelayan dan juga ratu dari segala ilmu. Sehingga semua lapisan ilmu pengetahuan butuh matematika, tak terkecuali mahasiswa program studi Teknik Informatika. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan minat dan motivasi belajar matematika sehingga dapat menjadi acuan dosen dalam menyampaikan perkuliahan matematika. Metode dalam penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan sampel berasal dari mahasiswa program studi Tenik Informatika. Hasil dari penelitian ini adalah mahasiswa mempunyai minat dan motivasi belajar yang tinggi. Minat belajar yang terdiri atas empat (4) indicator, adapun hasilnya adalah lebih dari 52,99% mahasiswa mempunyai ketertarikan dalam pembelajaran, selain itu sebesar 45,28% dan 45,75 menyatakan bahwa konsentrasi dan pengetahuan matematika cukup baik akan tetapi perlu untuk dimaksimalkan sehingga kesadaran belajar yang dialami oleh siswa dapat maksimal tidak seperti saat ini yang hanya sebesar 23,82%. Motivasi belajar pun tidak kalah penting untuk diperhatikan. Berdasarkan kedua unsur yaitu instrinsik yang terbagi atas empat indikator dan unsur ekstrinsik yang terdisi atas satu indikator. Adapun hasilnya dapat disimpulkan bahwa kelima indikator motivasi belajar cukup baik akan tetapi perlu terus ditingkatkan. Pemahaman langkah dalam setiap proses matematika merupakan hal yang penting, sehingga pemanfaatan teknologi dalam hal ini aplikasi matematika yang berbasis android pun perlu untuk diarahkan penggunaannya sehingga mampu mengaplikasikannya dengan sebaik-baiknya dan penerapannya dalam kegiatan perkuliahan pun dapat secara optimal. Minat dan motivasi belajar yang tinggi dalam suatu pelaksanan pembelajaran yang optimal pasti akan memperoleh hasil belajar yang maksimal.

Keywords


minat belajar; motivasi belajar; teknik informatika; matematika

Full Text:

PDF

References


AY Avanda, S. P. (2020). Eksistensi Aplikasi Photomath dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Lomba dan Seminar Nasional Matematika XVIII (pp. 1-8). Yogyakarta: UNY.

B Murtiyasa, A. A. (2021). Analisis Efektivitas Brainly sebagai Platform E-learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMA. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 141-150.

Djamarah, S. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

dkk, R. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.

Dwi Ariani Finda Yuniarti, G. W. (2022). DGMATH: Media Digital Matematika Berbasis Android untuk Siswa Sekolah Dasar Materi Operasi Bilangan Menggunakan Metode RnD. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 41-51.

Effendi, M. (2017). Reposisi Pembelajaran Matematika di SMK. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2017 (pp. 1-11). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Fadillah, A. (2016). ANALISIS MINAT BELAJAR DAN BAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. MATHLINE: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 113-122.

Gbore, A. d. (2012). Prendicition of attitude and interest of science students of different ability on their academic performance in basic science. International Journal of Psychology and Counselling, 68-72.

Hamalik, O. (2016). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

MT Agustina, D. K. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Perseptual, 120-128.

Nurhasanah, S. d. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar. JP MANPER: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 128-135.

RA Tampubolon, d. (2021). Pengaruh Pembelajarab Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 3125-3133.

Ricardo, R. M. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 188-201.

RN Friantini, R. W. (2019). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6-11.

Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana.

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sirait, E. D. (2016). PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI. Jurnal Formatif, 35-43.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Susanto. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Prenadamedia Group.

Warti. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Matematika STIKIP Garut, 177-185.

Y Anggraini, I. S. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Aplikasi Symbolab Dengan Metode Konvensional Pada Mahasiswa Teknik Elektro. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 29-38.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v7i1.3437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.