ANALISIS SITUASI DIDAKTIS BERDASARKAN TEORY OF DIDACTIC SITUATION (TDS) MATERI KUBUS DAN BALOK

Emia Sumita, Jamilah Jamilah, Muchtadi Muchtadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis situasi didaktis belajar siswa berdasarkan Teory of Didactic Situation (TDS) pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP. Selain itu peneliti juga ingin melihat hambatan belajar (learning obstacle) apa saja yang dialami siswa pada proses pembelajaran. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan bentuk studi kasus. Penelitian berjenis kualitatif ini peneliti ingin mendeskripsikan tentang situasi didaktis yang menjadi hambatan belajar siswa berdasarkan TDS. Penenlitian ini dilakukan di SMP N 1 Sungai Raya dan yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII (delapan). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, teknik komunikasi langsung, teknik pengukuran, dan teknik dokumentasi. Selanjutnya untuk alat pengumpulan datanya peneliti menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan tes, dimana tes yang dimaksudkan adalah tes tertulis dengan bentuk soal essay. Didaktis sendiri pada hakikatnya merupakan seni dalam menciptakan situasi yang dapat memfasilitasi proses belajar, sedangkan TDS merupakan dasar dalam pendekatan konstruktivisme, yang pada perinsipnya bahwa pengetahuan dan perilaku siswa hanya dapat dipahami jika perilaku tersebut berkaitan erat dengan situasi dimana ia diamati dan potensi kognitifnya harus dapat dicirikan oleh realitas yang diamati. Adapun hasil dari penelitian ini peneliti menemukan bahwa situasi didaktis yang terdapat dalam proses pembelajaran materi kubus dan balok kelas VIII di SMP N 1 Sungai Raya tidak terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari situasi-situasi yang ada pada TDS yang tidak begitu berjalan maksimal seperti situasi aksi, formulasi, validasi, dan instutisionalisasi. Peneliti juga menemukan hambatan belajar lain yang terjadi pada proses pembelajaran materi kubus dan balok, yaitu epistemological obstacle.


Keywords


Situasi Didaktis; Teory of Didactic Situation; Materi Kubus dan Balok

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Artigue, M. (1994). Didactical Engineering as a Framework for the Conception of Teaching Product. R. Biehler, R. W Scholtz, R. Straber, & B. Winkelmann (Eds). Didactics of Matematics as a Scientific Discipline (pp. 27-39). Dordrecht: Khluwer Academic Publishers. Printed in the Netherlands.

Astutik, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Software Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Di Smk Negeri 2 Surabaya. 05, 8.

Brousseau, G. (2002). Teori situasi didaktik dalam matematika. Perpustakaan Pendidikan Matematika : New York, Boston, Dordrecht, London, Moskow: Kluwer Academic Publishers.

Creswell, J. (2015). Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka belajar.

Hermawan, A. (2016). Perkembangan Moral Siswa Tunanetra Kelas X SMALB Di SLB Negeri A Kota Bandung. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Jojo, I. (201). Program 4 Studi Pendidikan Jasmani Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak. 11.

Jatisunda, M. G & Nahdi, D. S. (2019). Kesulitan Siswa Dalam Memahami Konsep Trigonometri Di Lihat Dari Learning Obstacles. Jurnal Didactical Mathematics. 2(1) : 9-16.

Manno, G. (2006). Embodiment And A-Didactical Situation In The Teaching-Learning Of The Perpendicular Straight Lines Concept. Disertasi. Departement Of Didactic Mathematics Comenius University

Bratislava.Maryanih., Rohaeti, E. E., Afrilianto, M. (2018). Analisis Kesulitan Siswa SMP Dalam Memahami Konsep Kubus Balok. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4): 751-758.

Mutia. (2017). Analisis Kesulitan Siswa SMP Dalam Memahami Konsep Kubus Dan Balok Dan Alternatis Pemecahannya. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup.

Nawawi, H. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gajahmada University Press.

Radford, L. (2008). Theories in Mathematics Education: A Brief Inquiry Into Their Conceptual Differences. ICMI 11 Survey team 7 : The notion and role of theory in mathematics education research. Working Paper.

Ruli, R. M., Imami, A. I., Abadi, A. P. (2022). Sosialisasi Desain Didaktis Pada Guru Sekolah Menengah Di Kabupaten Karawang. Indonesian Journal Of Community Service. 2(1) : 51-55.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suryadi, D. (2019). Landasan Filosofis Penelitian Desain Didaktis (DDR). Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v7i2.3414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.