PENALARAN TENTANG KONSEP-KONSEP GRAFIK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Edy Yusmin, Ahmad Yani T

Abstract


Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran dan kejelasan penalaran mahasiswa Pendidikan Matematika tentang konsep-konsep grafik, yaitu pemahaman menginterpretasi data pada grafik, pemahaman mentransfer data ke dalam bentuk diagram dan grafik, dan mentransfer fungsi ke dalam bentuk grafik. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umumnya mahasiswa semester I memahami konsep grafik dengan baik, memiliki pemahaman membaca data pada diagram atau grafik, dan memiliki pemahaman menginterpretasi data pada grafik. Sebagian mahasiswa kesulitan memprediksi simpulan berdasarkan data yang tersedia. Pemahaman mahasiswa semester V tentang grafik lebih beragam dan belum tepat, belum memiliki pemahaman membaca data pada grafik, dan sebagian besar kesulitan memprediksi simpulan berdasarkan data yang tersedia, atau kesulitan memberikan pendapat yang bersifat argumentatif. Umumnya mahasiswa sudah memiliki pemahaman mentransfer data ke bentuk diagram atau grafik. Namun ketidakmampuan melengkapi grafik berdasarkan data yang diberikan masih dialami sebagian mahasiswa, khususnya pada semester V. Mahasiswa semester I sudah memiliki pemahaman fungsi pada grafik dan pemahaman dalam mentransfer suatu fungsi ke dalam bentuk grafik. Tetapi pemahaman ini cenderung kurang dimiliki mahasiswa semester V

Keywords


penalaran; konsep grafik; menginterpretasi data

Full Text:

PDF

References


Brodie, Karin. 2010. Teaching Mathematical Reasoning in Secondary School Classroom. Springer, Johannesburg.

Brown, M.L., Hart, K.M., & Kuchemann, D.E., 1984. Chelsa Diagnostic Mathematics Test: Graphic Concepts. NFER – Nelson, London.

De Lange, Jean. 2003. Mathematics for Literacy, In Quantitative Literacy, Why Numeracy Matters for Schols and Collages, Proceeding of the National Forum on Quantitative Literacy. Washington D. C National Academy of Science.

Hallet, Deborah Hughes. 2003. The Role of Mathematics Courses in the Development of Quantitative Literacy, Why Numeracy Matters for Schols and Collages, Proceeding of the National Forum on Quantitative Literacy. Washington D. C National Academy of Science

Mallone, JA, & Taylor, PCS., 1992. Constructivist Interaction of Teaching and Learning Mathematics. Perth University of Technology, Perth, Australia.

Ontario Education. 2014. Leading Math Success: Mathematical Literacy, Grades 7-12. The Final Report of the Expert Panel on Student Success in Ontario.

Steen, L. Arthur. 2001. Mathematics and Democracy: The Case for Quantitatve Literacy. National Council on Education and the Disciplines (NCED). Princeton, NJ USA.

Yusmin, E., 2017. Kesulitan Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika (Rangkuman dengan Pendekatan Meta-Ethnography). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. Vol. 9 (1): 2119 – 2136.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v7i1.3276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

STKIP Singkawang


Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/index

Email: [email protected]

JPMI Indexed by:

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.